Xavi Tolak Barcelona, Pochettino Jadi Kandidat Utama Gantikan Valverde

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Senin, 13 Januari 2020 - 17:20 WIB
Xavi Tolak Barcelona, Pochettino Jadi Kandidat Utama Gantikan Valverde

Mauricio Pochettino. (Foto: Sky Sports)

BARCELONA, iNews.id – Mantan Pelatih Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino menjadi kandidat utama arsitek Barcelona untuk menggantikan Ernesto Valverde. Dia menjadi opsi utama, setelah Xavi Hernandez menolak posisi itu.

Seperti diberitakan Marca, Xavi tidak mau menggantkan Valverde sesegera mungkin. Xavi hanya mau menangani Blaugrana pada akhir musim, sehingga bisa mempersiapkan timnya dengan optimal.

Setelah Xavi menolak, nama Ronald Koeman juga mencuat sebagai pengganti Valverde. Tetapi, Koeman juga tidak mau menangani tim pada tengah musim seperti sekarang.

Pilihan pun jatuh ke Pochettino yang sedang menganggur sejak dipecat Tottenham beberapa waktu lalu. Sebelumnya dia sempat dikaitkan bakal melatih Manchester United, Real Madrid, hingga Bayern Muenchen, namun tidak ada realisasi. Sehingga Barcelona berpeluang merekrutnya. Hanya saja, ada beberapa hal yang membuatnya enggan menjadi pelatih Barcelona.

Juru taktik asal Argentina itu dikenal sebagai pemain dan pelatih rival sekota Barcelona, Espanyol. Dia bahkan bersumpah tidak akan menangani tim rival sekota Espanyol.

Meski begitu, Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu menyatakan pihaknya sudah mulai bernegosiasi dengan pihak Pochettino. Dia dianggap siap melupakan sejarahnya bersama Espanyol, demi bisa menangani Lionel Messi dkk.

Barcelona memang sedang berada dalam tekanan untuk segera mencari pelatih pengganti Valverde yang semakin tersudut. Kondisi itu semakin sulit setelah mereka gagal memenangkan Piala Super Spanyol 2020 lantaran dikalahkan Atletico Madrid 2-3 pada semifinal.

Editor : Abdul Haris