Berkat Apple Watch, Nenek di Jerman Berhasil Selamat dari Bahaya

Dini Listiyani ยท Selasa, 16 April 2019 - 12:01 WIB
Berkat Apple Watch, Nenek di Jerman Berhasil Selamat dari Bahaya

Berkat Apple Watch, nenek di Jerman berhasil selamat dari bahaya (Foto: Apple)

MUNICH, iNews.id - Apple Watch kembali menyelematkan nyawa seseorang. Kali ini, jam tangan pintar Apple berhasil menyelamatkan nenek berusia 80 tahun.

Apple Watch Series 4 memiliki fitur pendeteksi jatuh yang bisa mendeteksi kapan pemakainya terjatuh dengan keras. Saat itu terjadi, perangkat men-tap pengguna dan membunyikan alarm sebagai upaya menarik perhatian orang lain.

Jika jam tangan merasakan pemilik perangkat bergerak, dia akan memberikan opsi untuk mengabaikan peringatan atau menghubungi 911 menggunakan digital crown. Namun, jika tak ada gerakan selama satu menit, panggilan Emergency Services akan dilakukan secara otomatis.

Melansir Phone Arena, Selasa (16/4/2019), selanjutnya, pesan dikirimkan ke kontak dararut pengguna yang memberitahu mereka soal peristiwa tersebut. Pada Oktober lalu, fitur deteksi jatuh berhasil membantu seorang pria yang pingsan di depan kompor panas.

Sekarang, Übersetzer reports melaporkan, seorang nenek berusia 80 tahun yang jatuh di apartemennya di Haidhausen, Munich. Detektor jatuh diaktifkan secara default untuk pengguna Apple Watch Series 4 berusia 65 tahun ke atas.

Jadi, saat wanita paruh baya di Jerman itu jatuh, dia kehilangan kesadaran, yang menyebabkan panggilan otomatis dilakukan. Panggilan yang dilakukan Apple Watch diterima operator dan menyampaikan berita seseorang telah jatuh lalu mengirimkan lokasi korban.

Saat ambulance tiba, crew tidak bisa membuka pintu. Oleh karena itu, pemadam kebakaran dikirimkan untuk membukannya. Di satu sisi, putra nenek berusial 80 tahun juga menerima peringatan yang dikirim dari jam tangan ibunya dan dia tiba tepat waktu. Berutung, wanita itu tidak memerlukan rawat inap meskipun terjatuh hingga pingsan.

Selain pendeteksi jatuh, Apple Watch Series 4 juga memiliki fitur penting lainnya yang berhubungan dengan kesehatan seperti monitor detak jantung dan electrocardiogram (ECG). ECG mencari irama jantung abnormal dan bisa memberikan peringatan dini fibrilasi atrium (AFib).


Editor : Dini Listiyani