Drone Bakal Bisa Lakukan Penyelamatan di Hutan Tanpa Gunakan GPS

Dini Listiyani ยท Selasa, 06 November 2018 - 10:01 WIB
Drone Bakal Bisa Lakukan Penyelamatan di Hutan Tanpa Gunakan GPS

Drone Bakal Bisa Temukan Orang Hilang di Hutan Tanpa Gunakan GPS (Foto: MIT)

CALIFORNIA, iNews.id - Drone sudah menjadi alat pencarian dan penyelamatan yang efektif. Tapi, tidak di hutan padat di mana pohon mungkin memblokir sinyal GPS.

Untungnya, MIT memiliki solusi cerdas yakni menggunakan teknologi untuk memandu mobil self-driving. Para periset telah mengembangkan teknologi drone yang menggunakan LIDAR untuk memetakan hutan tanpa menggunakan GPS.

Setiap pesawat tak berawak menciptakan peta 2D yang juga mencakup orientasi pohon, sehingga membuatnya lebih mudah untuk mengetahui drone melakukan pencarian melalui area tertentu.

Mengutip Engadget, Selasa (6/11/2018), drone juga lebih efisien dalam pencariannya. Metode MIT mempertahankan banyak momentum drone, biasanya menghasilkan pola spiral yang mencakup area yang jauh lebih cepat.

Meski begitu, metode ini memiliki batasan. Sistem saat ini masih membutuhkan stasiun Bumi eksternal untuk menggabungkan peta dan itu memerlukan elemen pengenal obyek untuk mengidentifikasi orang.

MIT membayangkan peta dalam berbagai versi masa depan. Jika berhasil, drone ini bisa membantu penyelamatan pejalan kaki di dalam hutan tanpa bergantung pada kelompok besar dan kecepatan yang jauh lebih cepat.


Editor : Dini Listiyani

TAG : drone