Epson Siap Pindahkan Kantor Pusat ke Ibu Kota Baru di Kaltim

Dani M Dahwilani ยท Kamis, 14 November 2019 - 13:31:00 WIB
Epson Siap Pindahkan Kantor Pusat ke Ibu Kota Baru di Kaltim
Epson siap memindahkan kantor pusatnya dari Jakarta ke ibu kota baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, bila infrastruktur telah lengkap.

JAKARTA, iNews.id - Epson siap memindahkan kantor pusatnya dari Jakarta ke ibu kota baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), bila infrastruktur telah lengkap. Hal tersebut disampaikan Director Corporate Service Epson Indonesia, M Husni Nurdin.

"Pada dasarnya Epson mengikuti secara serius mengenai pemindahan ibu kota. Kelihatannya sudah positif Kalimantan Timur jadi ibu kota baru. Reaksi Epson ya harus eksis di sana, bahkan sebelum yang lain. Namun, secara visibility-nya kita akan lihat disesuaikan dengan kebijakan internal Epson. Yang paling ekstrem bisa-bisa pindah kantor," ujarnya, dalam keterangan tertulis kepada iNews.id, Kamis (14/11/2019).

Wacana memindahkan kantor pusat Epson di Jakarta ke Kalimantan Timur sebagai ibu kota baru saat ini menjadi perhatian serius. "Intinya kita lihat dulu infrastruktur. Seperti apa dan bagaimana kita bisa mengakses di ibu kota baru," kata Husni.

Alternatif lain, menurut Husni, bagaimana Epson memanfaatkan service center Epson yang sudah ada terutama di wilayah terdekat, seperti Palu dan Samarinda. Di negara maju pusat pemerintahan dan swasta terpisah. Komponen government expenditure sangat berpengaruh pada roda perekonomian termasuk imbasnya pada sektor swasta. "Kita menduga sangat strategis bila Epson memiliki akses di ibu kota baru," ujarnya.

Ibu kota baru sangat membutuhkan penggunaan printer dan projector meski sejauh ini belum ada penelitian lebih detil berapa kebutuhan perangkat cetak dan projector, namun Epson memperkirakan dibutuhkan ratusan ribu unit.

Kebutuhan di ibu kota baru sangat tinggi. Karena itu, kerja sama dengan para partner dalam memberikan layanan Epson menjadi target penting. Epson juga akan menyiapkan sejumlah servis center di ibu kota baru.

"Kebutuhan ibu kota baru terhadap printer dan projector hingga infrastruktur establish sekitar seratus ribuan printer. Service center juga tentu akan disiapkan," kata Husni.

Terkait ultah ke-19 Epson yang mengusung tema Pasti Bisa Epson, perusahaan menggunakan simbol angka 3154. "Ya, 3154 atau bisa, maknanya target ke depan pertumbuhan Rp3,2 triliun. Di mana tahun lalu pertumbuhannya hampir mendekati Rp3 triliun," kata Husni.

Editor : Dani Dahwilani