Fujifilm Luncurkan GFX 50R, Kamera Mirrorless dengan Medium Format

Dini Listiyani · Sabtu, 24 November 2018 - 19:01 WIB
Fujifilm Luncurkan GFX 50R, Kamera Mirrorless dengan Medium Format

Fujifilm Luncurkan GFX 50R, Kamera Mirrorless dengan Medium Format (Foto: Fujifilm)

JAKARTA, iNews.id - PT Fujifilm Indonesia akhirnya membawa kamera GFX 50R ke Indonesia. Kamera mirrorless digital ini dilengkapi sensor gambar Fujiflm G dengan medium format (43,8x32,9mm).

Dibanding pendulunya, GFX 50R memiliki bobot lebih ringan dan ramping. GFX 50R juga dilengkapi sensor gambar berformat medium seperti GA 645 dan GF670.

"Hari ini, Fujifilm dengan bangga menghadirkan GFX50R, salah satu kamera spesial kami dari lineup GFX ke Indonesia,” kata Presiden Direktur PT FUJIFILM Indonesia Noriyuki Kawakubo dalam keterangan kepada iNews.id, Sabtu (24/11/2018).

Kamera ini menawarkan lensa FUJINON GF, yang mencakup focal length dari 23mm (setara dengan 18mm dalam format film 35mm) hingga 250mm (setara dengan 198mm dalam format film 35mm). Semua lensa GF mampu mencapai resolusi gambar hingga 100MP, sehingga pengguna dapat mengandalkan kamera GFX untuk mengikuti tuntutan perkembangan zaman di masa depan.

Selain itu, kamera ini juga dirancang tahan cuaca dan tahan debu, serta dapat beroperasi pada suhu serendah yakni 10℃. Dengan begitu, kamera dapat digunakan dalam kondisi luar ruangan yang ekstrem.

“Kamera GFX 50R dibekali sensor CMOS dan X-Processor Pro Image, yang memiliki kemampuan menangkap setiap piksel lebih baik dibandingkan dengan kamera 35mm full frame sensor dengan resolusi yang sama. Lensa-lensa mikro di dalamnya dirancang untuk mengoptimalkan kemampuan menjaring cahaya dan resolusi gambar. Hasilnya, GFX 50R dapat memproduksi gambar dengan menangkap tekstur subjek, dimensi, hingga atmosfir setiap frame dengan akurat,” ujar General Manager PT Fujifilm Indonesia Johannes J. Rampi.

Untuk menghadirkan kemudahan transfer foto antar-perangkat, kamera GFX 50R menghadirkan sistem teknologi Bluetooth low-energy. Dengan begitu, pengguna dapat langsung mengunduh foto-foto melalui aplikasi FUJIFILM Camera Remote di ponsel.

Bersamaan dengan peluncuran kamera GFX 50R, Fujifilm memperkenalkan lensa terbaru FUJINON XF200mm F2 R LM OIS WR Lens. Lensa ini menggunakan teknologi reproduksi warna khas Fujifilm untuk memberikan kualitas foto cemerlang.

Lensa XF200mm merupakan lensa telephoto pertama yang menawarkan fungsi aperture maksimum F2.0 dengan focal length 200mm. Dukungan teknologi optik yang canggih membuat lensa ini mampu menghasilkan tingkat ketajaman tinggi dan bokeh indah pada setiap bidikan foto; ideal untuk mendukung industri broadcasting dan sinematografi.

Tak hanya itu, Fujifilm juga meluncurkan lensa FUJINON XF8-16mmF2.8 R LM WR. Lensa ini memiliki focal length dengan sudut terlebar di dunia, yaitu 18mm (setara dengan focal length 12mm pada format 35mm) dan tingkat kecerahan aperture maksimum F2.8.

Dengan sudut pandang ultra wide, lensa XF8-16mmF2.8 ideal digunakan untuk pemotretan lanskap yang dinamis, night photography, atau di ruangan indoor dengan pencahayaan minim. Lensa yang ringan dan kokoh ini dirancang untuk menahan debu dan cuaca ekstrem, bahkan hingga suhu sedingin -10°C.

“Sebagai perusahaan fotografi yang memiliki sejarah dan rekam jejak panjang, Fujifilm akan terus menambah pilihan lensa dan kamera untuk memuaskan jiwa fotografi setiap orang. Jajaran variasi lensa yang lengkap dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera masing-masing pengguna setia Fujifilm, terutama dalam hal ini bagi pemilik kamera mirrorless Fujifilm seri X," kata Johannes.

Berbicara soal harga, selama masa pre-order kamera GFX 50R dibanderol Rp69.999.000, lensa XF8-16mm F2.8 Rp26.999.000, dan lensa XF200mm F2 Rp82.999.000.


Editor : Dini Listiyani