Hasil Kerjanya Terhapus, Pria Ini Gugat Adobe

Dini Listiyani ยท Rabu, 14 November 2018 - 17:14 WIB
Hasil Kerjanya Terhapus, Pria Ini Gugat Adobe

Data software. (Foto: Ubergizmo)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Mengetahui pekerjaan selama bertahun-tahun terhapus oleh software merupakan peristiwa menjengkelkan. Bahkan gara-gara hal tersebut, seorang freelancer menempuh jalur ekstrem dengan menggugat pembuat software.

Saat ini, pengembang software telah menyematkan tool bawaan yang akan terus mencadangkan data Anda. Dengan begitu, pekerjaan Anda tidak akan hilang sewaktu-waktu saat komputer atau software tiba-tiba crash.

Fungsi pemulihan cadangan juga dimiliki oleh Adobe Premiere Pro. Namun, freelancer dengan nama Dave Cooper menuduh bug dalam software Adobe menghapus seluruh pekerjaannya.

Salah satu fitur Premiere Pro yang disebut clean cache pada dasarnya mengosongkan cache untuk membebaskan ruang penyimpanan. Cache biasanya digunakan selama workflow untuk membantu membuat cadangan proyek dan pengguna memiliki opsi untuk menghapusnya begitu selesai.

Namun menurut Cooper, selama proses penghapusan cache-nya, dia mengklaim bukan hanya redudansi yang dihapus, tapi juga file serta data yang bukan bagian dari folder atau sibdirektori Media Cache.

Berbicara pada Motherboard, salah satu pengacara yang mewakili Cooper, David Deal mengatakan, file yang dihapus merupakan klip video aslinya atau hasil pengeditannya.

"Sebagai seniman visual freelance, semua yang dimiliki ialah pekerjaan Anda. Jika tidak memiliki karya, maka Anda mungkin bukan seniman visual," katanya.

Cooper memperkirakan dia telah kehilangan sekitar 100.000 klip video yang bernilai 250.000 dolar Amerika Serikat (AS). Adobe sebelumnya telah mengakui adanya bug dan cepat melepas perbaikan.

Cooper dan pengacaranya berusaha mencapai penyelesaian dengan Adobe sebelum pengajuan gugatan. Tapi, usahanya tersebut ditolak.

Editor : Tuty Ocktaviany