Kamera AI Digunakan untuk Stop Perburuan Liar

Dini Listiyani ยท Minggu, 06 Januari 2019 - 14:45 WIB
Kamera AI Digunakan untuk Stop Perburuan Liar

Kamera AI digunakan untuk stop perburuan liar (Foto: Intel)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Perburuan liar mengancam kelangsung hidup binatang di muka Bumi. Untuk memecahkan masalah, kini teknologi ikut dilibatkan di dalamnya.

Berbagai teknologi telah digunakan untuk membantu menghentikan perburuan liar seperti menggunakan tanduk badan 3D Print untuk menurunkan harga atau AI guna menganalisis suara binatang. Kini, grup non-profit Revolve bekerja dengan Intel untuk mengembangkan kamera yang menggunakan AI.

Kamera dengan teknologi AI dijuluki sebagai TrailGuard. Kamera AI tersebut akan mengenali pemburu sebelum mereka mendekati binatang. Sistem ini bertentangan dengan yang lainnya di masa lalu, sebagaimana dikutip Ubergizmo, Minggu (6/1/2019).

Sistem yang digunakan di masa lalu terkadang bisa melihat pemburu. Tapi, pada saat itu sudah bisa terlambat karena mungkin mereka berada dalam jangkauan penembakan.

Kamera AI terbaru akan memanfaatkan prosesor penglihatan komputer Intel, Movidius Myriad 2, yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi binatang, kendaraan, dan manusia secara real-time.

TrailGuard akan menggunakan deteksi gerak untuk membangunkan kamera. Saat manusia telah terdeteksi atau diidentifikasi akan ada peringatan, sehingga mengurangi jumlah positif palsu.

Kamera AI ini juga memiliki ukuran yang sangat kecil. Alhasil, pemburu tidak bisa dengan mudah menemukannya dan membuat kamera lebih gampang untuk disembunyikan.


Editor : Dini Listiyani