Keren, Algoritma Ini Bisa Menghilangkan Air dari Foto Underwater

Dini Listiyani ยท Jumat, 15 November 2019 - 09:40 WIB
Keren, Algoritma Ini Bisa Menghilangkan Air dari Foto Underwater

Ahli kelautan dan engineer Derya Akkaynak berkolaborasi dengan Tali Treibitz dari University of Haifa membuat algoritma Sea-thru untuk foto underwater. (Foto: Ubergizmo)

HAIFA, iNews.id - Sejumlah orang gemar mengambil foto underwater atau di dalam aiar. Tapi, salah satu masalah soal fotografi underwater adalah air dapat menambah rona yang tidak diperlukan pada foto Anda.

Artinya, semua warna cerah yang Anda lihat dengan mata sendiri mungkin tidak dapat direplikasi lewat kamera. Namun, berkat karya ahli kelautan dan engineer Derya Akkaynak yang berkolaborasi dengan Tali Treibitz dari University of Haifa masalah tersebut dapat teratasi.

Dikutip dari Ubergizmo, Jumat (15/11/2019), Derya dan Tali membuat algoritma yang dijuluki sebagai Sea-thru. Hebatnya, algoritma Sea-thru dapat menghilangkan air dari foto underwater.

Dengan hilangnya air berarti foto-foto yang dihasilkan akan terlihat cerah, seolah-olah Anda melihat di darat, bukannya air yang terkadang bisa mengubah warna karena cahaya bergerak di sana.

Algoritma dibuat dengan mengambil lebih dari 1.100 gambar dari dua badan air yang berbeda secara optik. Selanjutnya digunakan untuk melatih model mengimbangi cara cahaya tersebar melalui air.

Gambar yang dihasilkan pun cukup menakjubkan dan tidak seperti menggunakan aplikasi Photoshop yang secara artificial meningkatkan gambar dengan mengutak-atik kontras dan saturasi.

Editor : Dani Dahwilani