Ketahui Cara Membersihkan dan Disinfektan Keyboard

Dini Listiyani ยท Minggu, 22 Maret 2020 - 09:08 WIB
Ketahui Cara Membersihkan dan Disinfektan Keyboard

Ilustrasi keyboard (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - Virus korona terus menyebar ke sejumlah negara, termasuk Indonesia. Guna mencegahnya, pemerintah mengeluarkan perintah untuk bekerja dari rumah.

Sebelum memulai pekerjaan tidak ada salahnya bila Anda membersihkan dan disinfektan keyboard terlebih dulu. Namun, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara membersihkan keyboard.

Supaya keyboard laptop tidak rusak, ketahui apa yang boleh dilakukan dan tidak saat membersihkan. Nah, berikut ini panduannya yang dikutip dari Mashable, Minggu (22/3/2020).

Tidak Boleh Dilakukan
Dimulai dari hal yang tidak boleh dilakukan karena bisa menghindari bencana. Hal pertama yang tidak boleh Anda lakukan adalah membiarkan keyboard atau laptop menyala dan/atau terhubung ke sumber daya saat disinfektan.

Bagitu masuk ke dalam proses pembersihan, Anda harus berhati-hati dengan cairan. Beberapa jenis tisu disinfektan masih ok, tapi secara umum hindari segala jenis cairan yang dapat tersangkut di celah kecil. Anda ingin merusak keyboard Anda.

Bahkan jika Anda tidak takut cairan merembes ke celah-celah kecil, produsen laptop memperingatkan agar tidak menggunakan bahan kimia atau pemutih karena terlalu kasar. Solusi pembersihan itu dapat merusakan lapisan laptop.

Hal yang Boleh Dilakukan
Nah, sekarang beralih ke hal yang boleh dilakukan saat membersihkan keyboard. Setelah mengetahui laptop harus dari power, hati-hati dengan cairan, dan tidak menggunakan pemutih, membersihkan keyboard sebenarnya tidak terlalu rumit.

Langkah pertama perusahaan seperti Microsoft dan publikasi seperti Cnet serta Wired merekomendasikan untuk memegang keyboard secara terbalik dan mengguncangkannya.

Dengan cara itu, kotoran yang terjebak di antara tombol bis tersingkir. Alangkah lebih baik, Anda mengguncangkan keyboard di atas tempat sampah atau wadah lain yang dapat menangkap residu keyboard Anda.

Untuk pembersihan yang dalam, Anda dapat menggunakan udara terkompresi untuk mengeluarkan sisa kotoran dari sana. Setelah remah-remah terlihat keluar, saatnya mulai menangani kuman.

Tisu disinfektan seperti yang dibuat Clorox pada umumnya baik-baik saja untuk keyboard. Apple mengalah mingu lalu setelah bertahun-tahun merekomendasikan tidak menggunakan agen pembersih dalam segala bentuk.

Kini, Apple merekomendasikan tisu isopropil 70 persen untuk membersihkan perangkatnya. Jika Anda punya tisu, pastikan untuk mengelap secara lembut.

Jika Anda hanya memiliki solusi pembersih cairan, masih ada cara untuk membuatnya bekerja. Microsoft merekomendasikan untuk menerapkan solusi isopropil 70 persen ke kain lembut tanpa serat.

Anda juga dapat menggunakan campuran sabun dan air ringan pada kain tersebut. Tapi, sekali lagi lakukan saja jika Anda dapat mencegah air tersangkut di ruang kecil.

Kendati demikian, cara terbaik di sini mungkin adalah tisu disinfektan bila Anda bisa menemukannya. Bahkan jika tidak bisa, Anda masih memiliki alternatif.

Mengingat betapa mudahnya COVID-19 menyebar, penting bagi masyarakat melakukan apa pun yang bisa dilakukan untuk menekan angka penyebaran.

Editor : Dini Listiyani