Samsung Buka Bixby untuk Developer Pihak Ketiga

Dini Listiyani ยท Kamis, 08 November 2018 - 13:20 WIB
Samsung Buka Bixby untuk Developer Pihak Ketiga

Samsung Buka Bixby untuk Developer Pihak Ketiga (Foto: Ubergizmo)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Samsung semakin dekat dengan target membuat Bixby dijalankan pada semua perangkatnya. Produsen smartphone nomor satu ini bekerja keras untuk memudahkan pengembang pihak ketiga mengimplemtasikan Bixby.

Selama ajang Samsung Developer Conference (SDC) yang diselenggarakan di San Francisco, produsen elektronik asal Korea Selatan memberikan informasi terkait dengan rencana untuk membuka Bixby ke developer pihak ketiga.

Head of Software and AI Samsung Eui-Suk mengingatkan developer bahwa perusahaannya berkomitmen untuk membuka ekosistem Bixby. Samsung akan menginvestasikan dana 22 miliar dolar AS sebagai tambahan untuk menciptakan tujuh pusat pengembangan AI di seluruh dunia.

Tak hanya itu, Samsung juga akan mempekerjakan 1.000 ahli AI tambahan. Selain mengingatkan developer akan komitmennya, Suk juga mengumumkan Bixby Marketplace tanpa merinci detail informasinya.

Beberapa alat pengembangan dibuat oleh Viv Labs yang dibeli oleh Samsung sekitar 215 juta dolar AS pada Februari 2017. CEO Viv Lab Dag Kittlaus menunjukkan alat baru dan menegaskan tool akan disediakan untuk semua pengembang.

"Tidak ada pengorbanan. Anda akan menggunakan tool yang sama persis yang kami gunakan. Anda akan memiliki akses penuh ke setiap fungsi yang kami gunakan untuk membangun Bixby hari ini," kata Dag Kittlaus yang dirangkum iNews.id dari Ubergizmo, Kamis (8/11/2018).

Bagi Samsung, membuat ekosistem sehat seputar Bixby sangat penting karena bisa membuka pintu ke aliran pendapatan baru, mengingat asisten virtual itu bisa membuka peluang baru dengan penelusuran, belanja, musik, dan banyak lagi jika dijalankan dengan sukses.


Editor : Dini Listiyani