Samsung Ungkap Project Neon, Avatar Humanoid Digital Realistis

Dini Listiyani ยท Rabu, 08 Januari 2020 - 16:25 WIB
Samsung Ungkap Project Neon, Avatar Humanoid Digital Realistis

Project Neon (Foto: Neon)

LAS VEGAS, iNews.id - Samsung mengumumkan inovasi lain di CES 2020. Usai robot Ballie, Samsung meluncurkan proyek yang dikembangkannya bersama STAR Labs bernama Neon.

Neon adalah manusia yang dihasilkan secara digital. Dari segi visual, Neon terlihat seperti manusia buatan. Simulasi manusia ini didukung oleh platform Core R3 dari STAR Labs.

Sedangkan SPECTRA mendukung inteligen, pembelajaran, emosi, dan memori Neon. Gagasan di balik pembuatan Neon adalah mereka dapat digunakan sebagai perwakilan layanan buatan atau concierge.

"Dalam waktu dekat, seseorang akan dapat melisensikan atau berlangganan Neon sebagai perwakilan services, penasihat keuangan, penyedia layanan kesehatan, atau concierge. Seiring waktu, Neon akan berfungsi sebagai pembawa acara TV, juru bicara, atau aktor film, sahabat, dan teman," kata Samsung sebagaimana dikutip dari GSM Arena, Rabu (8/1/2020).

Teaser dan skenario diperlihatkan di CES. Ternyata video semuanya dilakukan dengan aktor di kamera dan bukannya hasil komputer. Simulasi difiksikan dan disimulasikan untuk tujuan ilustrasi saja.

Oleh karena itu, belum diketahui bagaimana penampakkan Neon sebenarnya akan terlihat dan bertindak. STAR Labs menunjukkan Neon bukan asisten AI.

Anda tidak dapat meminta berita, cuaca, atau interface internet. Neon dapat berbicara dalam berbagai bahasa, melakukan percakapan, dan perusahaan bahkan mengklaim dapat lulus tes Turing.

Selain itu, perusahaan juga menyebutkan Neon adalah manusia yang unik. Project Neon berencana merilis proyek beta untuk sejumlah kecil mitra pada akhir 2020 sehingga informasi lebih rinci diharapkan akan terdengar sebelum CES 2021.

Editor : Dini Listiyani