Strategi Qualcomm Percepat Komersialisasi 5G Secara Global

Dini Listiyani ยท Sabtu, 07 September 2019 - 10:12 WIB
Strategi Qualcomm Percepat Komersialisasi 5G Secara Global

Pengumuman Qualcomm di IFA (Foto: Qualcomm)

BERLIN, iNews.id - Di event IFA 2019, Qualcomm mengumumkan rencana untuk mempercepat komersialisasi global 5G secara besar-besaran. Caranya, dengan memperluas portofolio mobile platform 5G di Snapdragon seri 8, 7, dan 6 pada 2020.

Perluasan portofolio ini bertujuan untuk mendukung fitur dan pita frekuensi secara global. Perluasan ini juga berpotensi membuat 5G dapat diakses oleh lebih dari 2 miliar pengguna smartphone.

"Dan kami memiliki posisi unik untuk mempercepat komersialisasi 5G skala global dengan mitra OEM dan operator kami dengan menawarkan mobile platform di Snapdragon seri 8, 7, dan 6 pada 2020," kata Senior Vice President dan General Manager Mobile Qualcomm Technologies, Inc. Alex Katouzian dalam keterangan kepada iNews.id, Sabtu (7/9/2019).

Jajaran platform baru ini akan menjadi yang pertama dalam peta jalan mobile platform 5G yang saling kompatibel software-nya, dengan memanfaatkan Snapdragon 5G Modem-RF System. Sistem Snapdragon ini ditujukan untuk memberikan kinerja seluler, jangkauan, efisiensi daya, dan desain perangkat 5G terbaik di skala global.

Portofolio mobile platform 5G Snapdragon dirancang untuk mendukung semua wilayah dan pita frekuensi, termasuk mmWave dan sub-6 GHz, mode TDD dan FDD, 5G multi-SIM, Dynamic Spectrum Sharing, Standalone (SA), serta arsitektur jaringan non-standalone (NSA). Hal ini dapat memberikan fleksibilitas dan memungkinkan peta jalan penyebaran jaringan 5G secara global.

Snapdragon seri 8 telah mendukung perangkat seluler 5G terkenal yang diperkenalkan secara global pada 2019. Rincian lebih lanjut mengenai Mobile Platform Snapdragon seri 8 5G generasi berikutnya akan datang di akhir tahun ini.

Sementara Snapdragon 5G Mobile Platform seri 7 akan mempunyai 5G yang diintegrasikan ke dalam SoC dan mendukung semua wilayah dan pita frekuensi secara global. Ada 12 OEM dan merek global yang berencana untuk menggunakan Snapdragon 5G Mobile Platform seri 7 terbaru yang terintegrasi ini termasuk Oppo, realme, Redmi, Vivo, Motorola, HMD Global, dan LG Electronics.

Beralih ke seri 6. Snapdragon 5G seri 6 dirancang untuk membuat pengalaman pengguna 5G semakin luas tersedia, sejalan dengan rencana operator untuk meluncurkan jaringan 5G di seluruh dunia. Perangkat yang berbasis pada Mobile Platform Snapdragon 5G seri 6 diharapkan akan tersedia secara komersial pada paruh kedua 2020.


Editor : Dini Listiyani