Wajah Dicetak di Masker, Pengguna Bisa Gunakan Face Unlock Selama Wabah Virus Korona

Dini Listiyani ยท Jumat, 21 Februari 2020 - 11:20 WIB
Wajah Dicetak di Masker, Pengguna Bisa Gunakan Face Unlock Selama Wabah Virus Korona

Wajah dicetak di masker (Foto: Face ID Mask)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Sejumlah orang mencoba melindungi diri mereka dari wabah virus korona dengan menggunakan masker. Masalahnya, penggunaan masker di wajah ini mempersulit membuka face unlock pada smartphone.

Beruntung, desainer dan artis Danielle Baskin telah menemukan solusi aneh semacam Face ID Mask. Layanan ini mencetak wajah Anda pada masker bedah N95, sehingga secara teori memungkinkan penggunanya membuka kunci perangkat.

Dikutip dari Android Authority, Jumat (21/2/2020), proses ini meminta pengguna mengunggah gambar wajah menggunakan aplikasi web Face ID Mask. Lalu, menyesuaikannya untuk memperbaiki garis arah sebelum pengguna mendapatkan produk jadi.

Namun, ada beberapa peringatan. Peringatan utama adalah masker tidak akan berfungsi dengan perangkat yang menggunakan face unlock 3D. Artinya, pemilik Pixel 4, Mate 30 Pro, atau iPhone X dan lebih baru tidak dapat menggunakannya.

Baskin mengatakan kepada Android Authority, dia sedang mengerjakan masker baru yang akan mendukun 3D face unlock. Dia berharap masker baru tersebut siap dalam beberapa bulan ke depan. Lantas bagaimana face unlock berbasis kamera dengan masker saat ini?

"Itu tidak akan berlalu seperti Anda karena keberpihakan mungkin tidak 100 persen sempurna untuk wajahmu yang sebenarnya. Anda harus mendaftarkannya sebagai wajah tambahan," kata Baskin.

Banyak ponsel dengan face unlock berbasis kamera tidak mengizinkan Anda mendaftarkan wajah tambahan. Mereka hanya memungkinkan Anda menghapus data wajah saat ini dan mendaftar lagi.

Jadi, Anda mungkin perlu memilih antara membuka kunci dengan bare face atau menggunakan masker pada perangkat ini. Bagaimana pun Face ID Mask masih dalam pengembangan dan akan dijual seharga 40 dolar AS saat diluncurkan. Kendati demikian, situs web mencatat Face ID Mask tidak akan diproduksi saat ada kekurangan masker N95 secara global.

Editor : Dini Listiyani