4 Hal Tak Terduga Ini Bikin Baterai Ponsel Cepat Habis

Siska Permata Sari ยท Selasa, 09 Juni 2020 - 15:08 WIB
4 Hal Tak Terduga Ini Bikin Baterai Ponsel Cepat Habis

Baterai smartphone (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - Baterai merupakan hal yang penting bagi ponsel. Ini dapat menentukan kinerja ponsel, begitu pula sebaliknya, yakni kinerja atau pemakaian ponsel juga dapat mempengaruhi baterai.

Jika Anda mempunyai ponsel yang baterainya cepat habis, sering tiba-tiba mati, atau sering dalam fase baterai lemah? Sebaiknya cek lagi bagaimana Anda menggunakan ponsel Anda. Atau, cek kesehatan baterai Anda, apakah sudah aus dan perlu ganti baru?

Sebelum mengganti baru, Anda harus mengetahui hal-hal apa saja yang membuat baterai ponsel Anda cepat habis. Berikut daftarnya seperti dilansir dari Cheat Sheet, Selasa (9/6/2020).

Kecerahan layar yang tinggi

Salah satu yang bisa menjadi sumber utama pengurasan baterai adalah pengaturan kecerahan layar pada ponsel Anda. Jika itu terlalu tinggi, Anda akan menjumpai keadaan ponsel yang cepat panas dan baterainya cepat habis. Jadi, aturlah tingkat kecerahan layar ke mode yang rendah.

Selain dapat menghemat baterai Anda, kecerahan layar yang rendah juga bisa mengurangi mata lelah usai menggunakan ponsel.

Wi-Fi yang menyala

Pernahkah Anda menyalakan pencarian Wi-Fi ketika di luar rumah, atau di perjalanan? Jika jawabannya sering, hal itulah yang menyebabkan daya baterai ponsel cepat habis. Jadi, matikan Wi-Fi untuk mencegah ponsel Anda mencari sinyal yang tidak akan Anda gunakan.

Software yang usang

Jika Anda sering cepat kehabisan baterai, mungkin jawabannya bukanlah baterai yang usang, tetapi software atau perangkat lunak ponsel. Pembaruan untuk sistem operasi Anda atau aplikasi favorit Anda dapat menambahkan perbaikan untuk bug yang mungkin berkontribusi pada masalah daya tahan baterai Anda.

Pastikan Anda menggunakan versi OS terbaru yang tersedia, dan tentukan bahwa Anda telah menginstal aplikasi versi terbaru sehingga Anda mendapat manfaat dari perbaikan dan perbaikan bug terbaru.

Hmm.. mungkin memang baterai Anda

Jika Anda sudah memeriksa semuanya dan tidak ada yang aneh dalam mengoperasikan ponsel Anda, baru Anda bisa melihat kesehatan baterai Anda. Apalagi jika ada gejala-gejala baterai ponsel yang usang seperti mati tiba-tiba, sering lowbat tiba-tiba, dan sebagainya. Jika baterai Anda adalah masalahnya, tidak ada salahnya untuk mengganti baterai baru. Apalagi jika masalah tersebut sudah mengganggu aktivitas harian Anda dalam menggunakan ponsel.

Editor : Dini Listiyani