4 Kebiasaan Baik untuk Merawat Baterai Ponsel Anda

Siska Permata Sari · Minggu, 28 Juni 2020 - 15:13 WIB
4 Kebiasaan Baik untuk Merawat Baterai Ponsel Anda

Kebiasaan baik untuk merawat baterai smartphone (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Baterai adalah unsur penting di ponsel Anda selain performa dan kamera. Dengan kapasitas baterai yang besar dan kesehatan baterai yang baik, maka menggunakan ponsel akan terasa lebih menyenangkan.

Setiap orang tentunya menginginkan baterai ponsel yang daya tahannya lama, tak hanya dalam pemakaian harian, tetapi juga untuk jangka panjang.

Jika Anda ingin kesehatan baterai Anda awet, beberapa hal ini perlu Anda lakukan. Apa saja? Simak daftarnya, seperti dirangkum iNews.id dari Tech Advisor, Minggu (28/6/2020).

Tidak perlu isi daya sampai 100 persen

Beberapa orang menyarankan agar Anda mengisi ulang baterai nol persen hingga 100 persen penuh sebulan sekali. Alasannya, karena ini akan mengkalibrasi ulang baterai. Namun hal yang tak kalah penting adalah menjaga masa pakai baterai jangka panjang melalui pengisian daya yang singkat, ini lebih baik daripada pengisian penuh yang membutuhkan waktu lama.

Jangan mengisi daya semalaman

Walaupun tidak apa-apa, tetapi  mengisi daya semalaman seharusnya dihindarkan. Sebagian besar smartphone modern memang memiliki sensor bawaan untuk mematikan pengisian daya ketika mencapai 100 persen. Namun sebaiknya hentikan pengisian daya sebelum atau tak lama setelah 100 persen.

Tidak terlalu sering menggunakan fast charger

Pengisian cepat sendiri sebenarnya  tidak akan merusak baterai ponsel Anda, dan Anda bisa menggunakan fitur yang telah disediakan itu. Namun panas yang tak jarang dihasilkan dari pengisian cepat berpotensi mempengaruhi masa pakai, sehingga penting untuk menyeimbangkannya dengan pengisian daya biasa.

Hindari mengisi daya sambil bermain ponsel

Jika Anda mengisi baterai ponsel sambil memainkannya, Anda dapat ‘membingungkan’ sel-sel di baterai ponsel Anda dengan membuat siklus-mini. Hal inilah yang membuat masa pakai baterai lebih singkat. Jadi, sebaiknya biarkan ponsel mengisi daya atau mematikan ponsel saat mengisi daya lebih baik.

Editor : Dini Listiyani