4 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Smartphone Anda Cepat Rusak

Siska Permata Sari ยท Selasa, 28 Januari 2020 - 19:30 WIB
4 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Smartphone Anda Cepat Rusak

Biasakan merawat smartphone Anda agar awet. (Foto: Pcmag)

JAKARTA, iNews.id - Smartphone atau gawai pintar telah menjadi bagian dalam hidup Anda. Mulai untuk berkomunikasi, bekerja, sarana hiburan, memesan makanan, tranportasi online hingga menjadi alat untuk transaksi. Begitu mudahnya hidup sekarang ini dengan dibantu oleh kemajuan teknologi, salah satunya ada dalam genggaman tangan Anda.

Tentunya dengan kemampuan tersebut, Anda ingin smartphone Anda awet dan tidak mudah rusak. Tapi tahukah Anda bahwa ada beberapa kebiasaan buruk yang justru dapat merusak smartphone Anda lebih cepat?

Bahkan, Anda tidak menyadari kebiasaan buruk tersebut dan membuat smartphone Anda cepat rusak. Nah, kebiasaan buruk apa saja sih? Mari simak informasinya seperti dirangkum dari PC Mag, Selasa (28/1/2020).

1. Menggunakan kabel abal-abal

Kabel pengisian daya sangat rentan apabila tidak dirawat dengan baik atau kebiasaan Anda sering mengisi daya dari malam sampai pagi, yang kemudian menyebabkan itu rusak. Namun, hal satu ini dapat memperburuk keadaan yaitu membeli kabel pengisian daya yang tidak resmi dan abal-abal karena cenderung lebih murah.

Pasalnya, banyak dari kabel tersebut dapat merusak perangkat Anda secara permanen atau bahkan lebih buruk lagi, membuat Anda berisiko kebakaran atau terkena sengatan listrik. Tentunya, ini tidak sebanding dengan penghematan jangka pendek, kan?

2. Abai terhadap pelindung smartphone

Tidak menggunakan casing atau pelindung layar, mungkin terdengar sepele. Anda merasa, tidak mungkin menjatuhkan smartphone Anda atau sengaja melemparnya hingga retak. Tetapi ternyata, benturan-benturan kecil yang tidak disengaja bisa juga membuat retakan kecil yang merusak 'dalaman' smartphone, bahkan bisa berpotensi membuat kerusakan skala besar.

3. Boros baterai

Baterai ponsel Anda menurun seiring waktu. Itu berarti bahwa dalam beberapa tahun, masa pakai baterai maksimumnya tidak akan setinggi ketika Anda membelinya. Dalam kasus iPhone, perangkat Anda bisa juga melambat ketika baterai mengalami penurunan. Hal ini tidak bisa dihindari, tetapi kebiasaan buruk dapat mempercepat degradasi itu dan membunuh baterai Anda lebih cepat.

Untuk menghindari hal ini, Anda harus melakukan pembuangan yang teratur dan mengisi ulang ponsel Anda sebelum mati total. Misalnya, mengisi daya sebelum baterai mencapai 30 persen.

4. Suka membuka situs terlarang atau bervirus

Beberapa situs bermasalah dan tidak jelas seperti situs dan aplikasi bajakan, dapat membuat keamanan smartphone Anda terancam, karena situs-situs itu tak jarang mengandung malware yang dapat merusak sistem di smartphone Anda. Selain itu, perbarui aplikasi Anda karena sering mengandung perbaikan bug yang sama dan pembaruan keamanan yang membuat Anda tetap aman.


Editor : Tuty Ocktaviany