6 Cara Mengatasi Ponsel yang Terendam Banjir

Siska Permata Sari · Selasa, 25 Februari 2020 - 19:48 WIB
6 Cara Mengatasi Ponsel yang Terendam Banjir

Ada cara khusus mengatasi ponsel yang terendam banjir. (Foto: Androidpit)

JAKARTA, iNews.id - Hujan yang telah mengguyur sejak Senin (24/2/2020) malam menyebabkan sejumlah titik kawasan Jabodetabek tergenang banjir di Selasa (25/2/2020) pagi. Hal ini tentunya menyebabkan aktivitas warga terganggu.

Belum lagi bila ada barang-barang penting seperti surat-surat, barang elektronik, bahkan ponsel, terendam oleh genangan banjir. Tak jarang ini menyebabkan Anda panik. Apalagi jika Anda tidak bisa bekerja tanpa ponsel atau menyimpan nomor-nomor penting di sana.

Tetapi kalau sudah terlanjur terendam, apa yang harus dilakukan? Panik itu wajar, tetapi jangan terlalu khawatir, sebab ada tips atau cara mengatasi ponsel yang terendam banjir. Bagaimana caranya? Simak informasinya seperti dirangkum dari Android Pit, Selasa (25/2/2020).

1. Matikan ponsel

Hal pertama yang bisa Anda lakukan setelah ponsel terendam banjir adalah mematikan ponsel dan jangan mencoba mengisi daya ponsel Anda. Selain itu, jangan menekan tombol apa pun dan jangan mengguncang ponsel.

2. Jangan ditiup

Banyak yang mengira bahwa untuk mengeringkan ponsel yang basah itu dengan meniupnya. Padahal, meniup ponsel dapat menyebabkan air masuk ke bagian internal lain dari ponsel dan itu berpotensi menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

3. Lepas kartu SIM dan microSD

Langkah berikutnya adalah melepas kartu SIM dan microSD Anda dari slot ponselnya. Ini dilakukan agar data-data Anda aman sebelum rusak terkena air.

4. Keringkan dengan kain

Untuk mengeringkan ponsel Anda, usahakanlah tidak meniup atau menggunakan hair dryer atau mesin pengering lainnya. Sebaiknya, gunakan kain, selongsong atau handuk kertas untuk mengeringkan ponsel Anda. Hindari menyebarkan cairan di sekitar, karena itu bisa mendorongnya ke lebih banyak celah ponsel.

5. Mengubur ponsel dalam beras

Langkah berikutnya, Anda bisa mengubur ponsel dalam kantong ziplock yang penuh dengan beras yang belum dimasak. Beras sangat bagus untuk menyerap cairan dan ini sebenarnya merupakan metode umum untuk mengeringkan ponsel.

6. Biarkan ponsel kering dan coba nyalakan

Biarkan ponsel Anda mengering selama satu atau dua hari. Jangan mencoba untuk menyalakannya untuk melihat apakah masih berfungsi. Setelah satu atau dua hari, Anda dapat mengeluarkan ponsel Anda dari beras dan coba menyalakannya.

Selamat mencoba!

Editor : Tuty Ocktaviany