6 Hal yang Perlu Dilakukan saat Ponsel Tercebur ke Air

Dini Listiyani ยท Senin, 12 Agustus 2019 - 07:15 WIB
6 Hal yang Perlu Dilakukan saat Ponsel Tercebur ke Air

Ilustrasi ponsel terkena air (Foto: Android Pit)

JAKARTA, iNews.id - Smartphone tercebur ke dalam air kemungkinan pernah dialami oleh sebagian pengguna. Saat mengalami ini, tak sedikit pengguna merasa panik dan salah mengambil langkah sehingga menyebabkan ponsel rusak.

Sebenarnya ada yang perlu diketahui oleh Anda saat kejadian semacam ini terjadi. Dengan begitu, pengguna bisa mengurangi risiko kerusakan yang terjadi pada smartphone.

Nah, berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat smartphone tercebur ke dalam air yang dirangkum dari Wikihow, Senin (11/8/2019).

1. Keluarkan dari Air Secepat Mungkin
Hal pertama yang perlu dilakukan saat smartphone tentu saja langsung mengeluarkannya dari air. Sebab, semakin lama ponsel dalam air, kemungkinan kerusakan terjadi juga tinggi.

2. Matikan Ponsel
Selanjutnya, matikan ponsel meskipun tampak tidak berfungsi. Membiarkan ponsel tetap aktif dapat menyebabkan korsleting. Jangan hidupkan ponsel untuk melihat apakah sudah kembali berfungsi atau belum.

4. Lepas SIM Card
Setelah melepaskan SIM card, tepuk dengan handuk kering. Letakkan di atas kain kering agar kering. Jika ponsel tidak mempunyai SIM card di dalamnya, Anda bisa melewati langkah ini.

5. Lepaskan Semua Aksesori yang Ada
Lepaskan semua pelindung ponsel, ear buds, memory cards, atau benda lain yang terpasang pada ponsel. Pastikan untuk memeriksa semua slot dan celah ponsel tetap terbuka sehingga dapat kering dengan baik.

6. Lepaskan Sambungan Listrik
Nah, bila smartphone sedang tersambung ke wall charger, sebaiknya cepat matikan listrik. Sebab, smartphone mencabut charger secara langsung bisa menyebabkan sengatan listrik.


Editor : Dini Listiyani