Apple Bakal Hilangkan Headphone Jack di iPad Pro Baru

Dini Listiyani ยท Senin, 30 Juli 2018 - 20:01 WIB
Apple Bakal Hilangkan Headphone Jack di iPad Pro Baru

Apple Bakal Hilangkan Headphone Jack di iPad Pro Baru (Foto: Mac Rumors)

CUPERTINO, iNews.id - Apple akan menyematkan body ramping pada iPad Pro model terbaru. Namun, Apple tampaknya tidak akan membawa headphone jack pada tubuh iPad Pro terbaru.

Mengutip sumber rantai pasokan, Mac Otara mengatakan, iPad Pro 10,5 inci baru akan memiliki tinggi 247.5 mm, lebar 178.7 mm, dan ketebalan 6mm. Sedangkan iPad Pro 12,9 inci akan memiliki tinggi 280 mm, lebar 215 mm, dan tebal 6.4 mm.

Dimensi tersebut sesuai dengan rumor yang menunjukkan rencana Apple untuk mendesain ulang model iPad Pro 2018, melangsingkan bezel seperti iPhone X. Meskipun ukurannya lebih kecil, iPad baru akan menampilkan layar yang lebih besar berkat pengurangan bezelnya.

iPad Pro baru nantinya disinyalir tidak menampilkan tombol home dan menurut rumor sebelumnya, perangkat akan membawa sistem kamera TrueDepth untuk Face ID. Mac Otakara juga menunjukkan, model iPad Pro 2018 tidak akan menampilkan headphone jack.

Apple bukan pertama kalinya menghilangkan headphone jack pada perangkatnya. Sebelumnya, Apple telah menghilangkan headphone jack pada iPhone 7 dan mengandalkan perangkat Bluetooth, seperti AirPod beserta headphone berbasis Lightning sebagai gantinya.

Dalam lineup iPhone, headphone jack dilepas untuk meningkatkan ketahanan terhadap air dan membuat ruang untuk komponen internal seperti baterai yang lebih bbesar, Taptic Engine, dan sistem kamera belakang, seperti dilaporkan Mac Rumors, Senin (30/7/2018).

Sayangnya, tidak jelas apakah Apple menghadapi kendala ruang yang sama di iPad Pro dengan pengelana sistem kamera TrueDepth atau memang rencana raksasa Cupertino untuk menyelaraskan fitur iPad dan iPhone.

Editor : Dini Listiyani