Apple Tindak Aplikasi iOS yang Merekam Aktivitas Layar Tanpa Izin

Dini Listiyani ยท Jumat, 08 Februari 2019 - 15:45 WIB
Apple Tindak Aplikasi iOS yang Merekam Aktivitas Layar Tanpa Izin

Apple tindak aplikasi yang melanggar aturan (Foto: Phone Arena)

CUPERTINO, iNews.id - Apple sangat serius terkait dengan privasi pengguna iPhone dan iPad. Raksasa asal Cupertino ini memberikan ultimatum kepada pengembang aplikasi agar tidak merekam aktivitas layar pengguna secara diam-diam.

Sejumlah aplikasi di iPhone diam-diam merekam aktivitas layar pengguna iPhone. Terkait itu, Apple telah memberi tahu konsekuensi pengembang yang tidak mengikuti pedoman dan ketentuannya.

Apple bertekad untuk mengambil tindakan segera dan jika pengembang tidak melakukan perubahan, aplikasi mereka akan dihapus dari App Store.

"Melindungi privasi pengguna merupakan hal yang terpenting dalam ekosistem Apple. Peninjauan App Store kami mengharuskan aplikasi meminta persetujuan pengguna secara eksplisit dan memberikan indikasi visual yang jelas saat merekam, mencatat, atau membuat catatan aktivitas pengguna," kata juru bicara Apple kepada Tech Crunch yang dikutip dari Phone Arena, Jumat (8/2/2019).

Seperti diketahui, banyak pengembang menggunakan tool analisis pihak ketiga untuk merekam bagaimana pengguna berinteraksi dengan aplikasi iPhone mereka tanpa izin. Salah satu alat analisis tersebut ialah Glassbox yang digunakan pengembang Android dan iOS.

Tapi, Google belum mengambil tindakan apa pun untuk melarang kode perekaman layar. Meskipun informasi sensitif seharusnya disembunyikan, data pribadi seperti kartu kredit dan nomor passport terlihat selama perekaman.


Editor : Dini Listiyani