Begini Cara Lindungi Data Pribadi Dalam Ponsel Anda

Siska Permata Sari ยท Minggu, 07 Juni 2020 - 12:08 WIB
Begini Cara Lindungi Data Pribadi Dalam Ponsel Anda

Ilustrasi (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Ponsel kini menjadi benda yang paling penting bagi Anda. Hampir semuanya ada dalam genggaman tangan Anda. Mulai dari pekerjaan, game, hiburan, media sosial, dan banyak lagi yang berisi data pribadi Anda.

Belum lagi jika Anda menyimpan aplikasi perbankan dan menggunakan ponsel sebagai alat pembayaran termutakhir Anda saat ini.

Oleh sebab itu, penting untuk membuat ponsel Anda lebih aman. Mengingat di luar sana ada saja peretas yang dapat menipu atau merugikan Anda dengan data-data pribadi di ponsel.

Berikut langkah-langkah untuk melindungi data-data pribadi Anda dalam ponsel, seperti dirangkum dari Life Hack, Minggu (7/6/2020).

Gunakan kode sandi

Sandi pada ponsel Anda bukanlah hal yang sepele. Namun, tidak semua pengguna menggunakan sandi pada ponsel mereka. Padahal, tidak menggunakan sandi ibarat menyerahkan semua informasi pribadi Anda kepada siapa saja yang memegang ponsel Anda.

Selektif dalam mengunduh aplikasi

Waspada pada aplikasi-aplikasi yang Anda unduh. Sebab, bisa saja aplikasi tersebut dapat mengakses seluk-beluk data pribadi Anda karena ‘izin’ yang diminta aplikasi tersebut sebelum Anda menginstalnya.

Hindari klik tautan yang mencurigakan

Mungkin ini tampak sepele, tetapi hal ini bisa membuat Anda secara tidak sengaja memberikan data pribadi Anda ke orang tak dikenal. Oleh sebab itu disarankan untuk tidak sembarang membuka tautan yang sekiranya mencurigakan. Apalagi jika halaman tersebut meminta data-data pribadi Anda.

Perbarui perangkat lunak

Pembaruan perangkat lunak sering kali menambal lubang atau bug di sektor keamanan dan privasi yang ditemukan pengguna sebelumnya. Sehingga membuat perangkat lunak Anda tetap mutakhir artinya Anda akan memiliki tingkat keamanan yang lebih baik.

Tidak menggunakan jaringan wi-fi mencurigakan

Matikan wi-fi Anda ketika tidak digunakan atau hindari menyambungkan ponsel Anda dari wi-fi tidak dikenal yang mencurigakan. Sebab, bisa saja Anda menyambungkan ponsel Anda dengan hotspot berbahaya yang dapat mengirimkan informasi seperti kartu kredit dan kata sandi tanpa Anda menyadarinya.

Editor : Dini Listiyani