Cacat WebKit Bisa Bikin iPhone dan iPad Crash

Dini Listiyani ยท Selasa, 18 September 2018 - 09:01 WIB
Cacat WebKit Bisa Bikin iPhone dan iPad Crash

Cacat WebKit Bisa Bikin iPhone dan iPad Crash (Foto: Tech Crunch)

CUPERTINO, iNews.id - Seorang pengembang dan peneliti keamanan bernama Sabri Haddouche telah menemukan 15 baris kode yang akan membuat setiap iPhone atau iPad crash dan reboot. 

Kode yang bisa membuat crash dan reboot ini mengambil keuntungan dari cacat di WebKit, mesin browser yang digunakan Safari. Haddouche mengatakan, sejumlah besar elemen diulang di dalam filter background yang menyebabkan semua sumber daya telepon akan digunakan.

Hal tersebut menyebabkan kepanikan kernel yang memaksa OS untuk mematikan atau berhadapan pada kerusakan permanen dan bahkan kehilangan data.

"Apa pun yang membuat HTML di iOS terpengaruh," kata peneliti keamanan seperti dilaporkan Phone Arena, Selasa(18/9/2018).

Menurut perusahaan keamanan lain, kode itu mampu membekukan unit iPhone yang menjalankan iOS 12 beta terakhir. Apple sebentar lagi akan mengirim iOS 12 di Amerika Serikat (AS).

Kedatangan iOS baru diharapkan bisa memperbaiki eksploitasi. Untungnya, kode tersebut tidak bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi berbahaya atau mencuri data pribadi.

Namun, untuk menghindari kode tersebut merusak perangkat, Anda harus teliti terhadap e-mail yang dikirimkan orang lain dan abaikan tautan kecuali Anda 100 persen tahu dari mana asalnya.

Haddouche memberitahu Apple tentang cacat WebKit minggu lalu. Dan, menurut Tech Crunch, pembuat iPhone itu sedang melakukan investigasi.

Editor : Dini Listiyani