Cara Menghapus Data dari Ponsel Android yang Dicuri

Dini Listiyani ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 09:02 WIB
Cara Menghapus Data dari Ponsel Android yang Dicuri

Cara menghapus data (Foto: Google)

JAKARTA, iNews.id - Kebanyakan smartphone menyimpan banyak data penting penggunanya. Mengingat, banyak orang di zaman sekarang bergantung pada smartphone.

Jadi, smartphone hilang cukup mengkhawatirkan penggunanya. Mulai dari aplikasi penting hingga foto yang tersimpan di dalamnya ikut lenyap.

Sebenarnya ada cara lain untuk mengamankan data yang ada di perangkat Anda saat ponsel telah hilang. Supaya lebih jelas, berikut ini langkah-langkahnya, sebagaimana dirangkum iNews.id, Selasa (30/6/2020).

Saat Mempunyai Smartphone, Lakukan Ini

Jika ingin kemampuan menghapus ponsel dari jarak jauh, Anda harus menginstall aplikasi Find My Device dan memeriksa pengaturan Anda. Aplikasi harus diaktifkan secara default.

Cara mengaktifkan Find My Device yang pertama tentu saja membuka aplikasi. Kemudian, pergi ke Google Settings> Security> Find My Device. Pastikan Find My Device diaktifkan. Lalu, izinkan lokasi perangkat Anda diakses oleh aplikasi.

Selain smartphone, Find My Device juga berfungsi untuk tablet. Namun, jika Anda memiliki beberapa akun pengguna, hanya orang yang ditetapkan sebagai pemilik tablet yang dapat mengatur fitur-fitur ini seperti cari izinkan kunci jauh dan hapus serta pastikan itu diaktifkan.

Lalu, ada juga fitur aktifkan toggle di Device Manager: Remotely Locate This Device dan periksa ulang apakah kedua pengaturan diaktifkan.

Cara Mencari Ponsel Android Anda

Saat ponsel hilang, Anda harus mulai bertindak. Gunakan Finy My Device untuk mengakses perangkat  dengan dua cara.

Anda bisa mengakses Findy My Device melalui aplikasi dan website. Setelah masuk, Find My Device akan berusaha menemukan perangkat Anda yang hilang.

Jika aktif dan bisa mendapatkan sinyal, Anda akan melihat lokasi di peta. Anda juga akan melihat tiga opsi yakni menyembunyikan, mengunci, atau menghapusnya dari jarak jauh.

Jika perangkat tidak aktif atau mendapatkan sinyal, Find My Device akan melaporkan lokasinya saat dihidupkan dan terhubung ke Wifi atau jaringan seluler. Pada titik itu, Anda bisa menghapus semua data dari ponsel.

Sebelum Melakukan Apa pun Pastikan Ponsel Tak Hilang

Ponsel yang hilang sering salah sasaran. Anda dapat menggunakan Find My Device untuk membuat telepon berdering keras selama lima menit penuh. Cara ini memungkinkan Anda menemukan ponsel jika jatuh atau terselip.

Ganti Lock Screen atau Hapus Data

Saat ponsel hilang Anda bisa mengubah layar kunci sehingga saat smartphone dihidupkan berikutnya akan tampil pesan ‘Kembalikan ponsel saya’ atau apa pun.

Bila cara baik tidak mempan, Anda bisa langsung menghancurkan data di dalam smartphone. Anda akan memiliki opsi untuk menghapus data.

Tapi perlu diingat, data pada kartu SD tidak terhapus. Jika ternyata tidak dicuri atau hilang secara permanen, maka Anda perlu password Google untuk menggunakan lagi setelah dihapus. Selain itu, Anda juga tidak bisa menggunakan aplikasi Findy My Device setelah proses ini.

Memilih opsi hapus akan menghapus ponsel atau tablet dari jarak jauh pada beberapa perangkat. Metode ini seperti melakukan factory reset, jadi akan menghapus semua pengaturan, musik, foto, dan aplikasi.

Layaknya penguncian, jika ponsel yang hilang tidak aktif, maka opsi ini akan menghapus data dari jauh usai kembali online. Jika Anda cukup khawatir terhadap opsi ini, masuk ke akun Google dan cabut akses untuk ponsel yang hilang.

Selamat Mencoba!

Editor : Dini Listiyani