Fokus ke PC, Intel Keluar dari Bisnis Modem 5G untuk Smartphone

Dini Listiyani ยท Rabu, 17 April 2019 - 13:15 WIB
Fokus ke PC, Intel Keluar dari Bisnis Modem 5G untuk Smartphone

Fokus ke PC, Intel keluar dari bisnis modem 5G untuk smartphone (Foto: Mac Rumors)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Intel membuat langkah mengejutkan. Pembuat chip asal Amerika ini mengumumkan akan keluar dari bisnis modem 5G untuk smartphone.

Intel baru saja mengumumkan rencana keluar dari bisnis modem 5G smartphone. Pasalnya, pembuat chip ini ingin lebih fokus pada peluang modem 4G dan 5G di PC, perangkat internet of things (IoT), dan data-centric devices lainnya.

Pengumuman yang dibuat Intel muncul beberapa jam setelah Apple dan Qualcomm mencapai penyelesaian dan setujua untuk membatalksa semua litigasi satu sama lain. Inten mengatakan, akan melanjutkan komitmen pelanggan saat ini untuk modem 4G smartphone yang ada tapi tidak akan meluncurkan modem 5G di lingkup ponsel cerdas.

"Kami sangat gemberi dengan peluang 5G dan cloudification, tapi dalam binis modem smartphone, tidak ada jalur yang jelas untuk mendapatkan keuntungan dan pengembalian posifit. 5G terus menjadi prioritas strategis di seluruh Intenl, dan tim kami telah mengembangkan portofolio berharga dari wireless product dan intellectual property," kata Intel CEO Bob Swan dalam keterangan yang dilansir Mac Rumors, Rabu (17/4/2019).

Seperti diketahui, Intel merupakan pemasok tunggal chip modem untuk jajaran iPhone 2018 dan berencana untuk menyediakan chip 5G untuk Apple 2020.

Intel telah bekerja pada chip XMM 8160 5G, yang akan digunakan dalam jajaran iPhone 2020. Rumor awal bulan ini mengindikasikan hubungan antara Apple dan Intel menegang saat pembuat chip tidak bisa menyelesaikan pengembangan chip 5G tepat waktu.

Apple tampaknya kehilangan kepercayaan pada kemampuan Intel untuk menyediakan chip tepat pada waktunya. Perusahaan teknologi ini tampaknya tidak memiliki pilihan selain Qualcomm agar bisa meluncurkan iPhone 5G 2020 sesuai rencana.


Editor : Dini Listiyani