Google Doodle Hari Ini Tampilkan Taman Nasional Lorentz Papua, Rumah Beo Pesquet

Dini Listiyani ยท Rabu, 04 Desember 2019 - 08:01 WIB
 Google Doodle Hari Ini Tampilkan Taman Nasional Lorentz Papua, Rumah Beo Pesquet

Google Doodle Taman Nasional Lorentz (Foto: Google)

JAKARTA, iNews.id - Google merayakan hari jadi Taman Nasional Lorentz lewat Doodle hari ini. Kawasan lindung terbesar di Asia Tenggara ini terletak di Provinsi Papua.

Suaka alam yang membentang lebih dari 9.600 mil persegi berisi beberapa ekosistem, termasuk padang rumput, rawa-rawa, dan bahkan pegunungan yang diatasnya terdapat gletser tropis. Dikenal karena keanekaragaman hayatinya juga merupakan rumah bagi banyak hewan.

Hewan yang tinggal di Taman Nasional Lorentz ini termasuk tree kangaroos dan macan. Banyak juga spesies burung langka yang tinggal di suaka alam Lorentz.

Salah satu spesies burung langka yang tinggal di Lorentz adalah beo Pesquet. Hewan tersebut ditampilkan Google di Doodle-nya hari ini.

Selain beo Pesquet, Google Doodle juga menampilkan isi Taman Nasional Lorentz. Misalnya, pegunungan, rumput-rumput, dan pohon-pohon tinggi.

Dikutip dari laman Google Doodle, Rabu (4/12/2019), Taman Nasional Lorentz bukan hanya rumah bagi hewan tapi juga tujuh kelompok etnis manusia. Semuanya hidup di sana sesuai dengan tradisi sejak ribuan tahun yang lalu.

Untuk diketahui, nama Lorentz diambil dari seorang penjelajah asal Belanda, Hendrikus Albertus Lorentz yang lewati daerah itu pada 1909. Taman kemudian didirikan oleh pemerintah Indonesia pada 1997.

Saat diancam oleh penebangan, perburuan, dan polusi, Taman Nasional Lorentz dilindungi ketat oleh World Wildlife Federation dan UNESCO, yang menetapkannya sebagai situs warisan dunia.


Editor : Dini Listiyani