Intip Daftar 5 Simple Android Launchers untuk Orangtua

Dini Listiyani ยท Kamis, 31 Oktober 2019 - 05:01 WIB
Intip Daftar 5 Simple Android Launchers untuk Orangtua

Simple Launcher memiliki antarmuka tanpa embel-embel. (Foto: Makeuseof)

JAKARTA, iNews.id - Simple launcher dapat mengatasi sebagian besar kesulitan yang dihadapi orangtua atau kakek dan nenek dengan ponsel Android mereka. Pasalnya, launcher standar sering kali terasa menyulitkan bagi para orangtua.

Beruntung, ada beberapa launcher pihak ketiga yang dirancang dengan mempertimbangkan pengguna yang lebih tua. Jadi, lebih mudah dinavigasikan dan tidak mempunyai fitur tambahan yang hanya menghalangi penggunaan dasar ponsel.

Bingung memilih simple launcher untuk orangtua Anda? Berikut ini rekomendasinya yang dikutip iNews.id dari Makeuseof, Kamis (31/10/2019).

1. Simple Launcher

Sesuai namanya, Simple Launcher memiliki antarmuka tanpa embel-embel. Di home page, terdapat aplikasi tempat penting seperti Phone, SMS, dan Contact.

Ada dua widget untuk cuaca dan waktu. Keduanya menggunakan font besar dan tebal, serta ikon yang terlihat jelas untuk membantu mencegah sentuhan yang tidak disengaja.

2. Big Launcher

Big Launcher menyederhanakan home screen ponsel Android lebih jauh lagi. Launcher menggantikan wallpaper dengan background polos dan memungkinkan pengaturan berbasis grid. Block sangat besar dengan ikon berukuran sama.

Big Launcher tidak menampilkan nama aplikasi apa pun. Alih-alih ikon tersebut memilih gradien cerah dan unik, bahkan dapat dengan mudah diidentifikasi oleh seseorang dengan penglihatan buruk. Di bagian atas, Big Launcher menampilkan informasi seperti tingkat baterai, status jaringan, waktu, dan tanggal.

3. Simple Mode

Simple Mode adalah aplikasi lain yang mencoba menghilangkan kompleksitas umum dalam mengoperasi smartphone. Seperti yang lainnya, Simple Mode menunjukkan informasi dan pintasan dalam blok besar.

Dalam kasus aplikasi ini, blok memiliki back ground tembus. Launcher berjalan baik dengan back ground apa pun dan tidak menghalangi pengguna untuk membaca teks.

4. Senior Safety Phone

Senior Safety Phone mirip dengan aplikasi lain yang dibahas di atas. Senior Safety Phone menampilkan semacam tampilan old-school yang mungkin akrab bagi banyak pengguna senior. Di bagian bawah adalah deretan tetap item pintas untuk Phone, SMS, dan All Apps.

5. Help Launcher Deluxe

Help Launcher Deluxe menggunakan tombol yang luas untuk membentuk pengalaman yang lebih nyaman bagi pengguna lansia. Di landing page, hanya terdapat beberapa tombol, di tambah wide bar yang menampilkan tanda-tanda vital ponsel.


Editor : Tuty Ocktaviany