Intip Solusi untuk Memperbaiki Aplikasi Error di Smartphone

Dini Listiyani ยท Minggu, 01 Desember 2019 - 12:01 WIB
Intip Solusi untuk Memperbaiki Aplikasi Error di Smartphone

Ilustrasi (Foto: Android Authority)

JAKARTA, iNews.id - Tidak selamanya aplikasi di smartphone dapat berjalan dengan baik. Terkadang, aplikasi crash dan menampilkan pesan 'Unfortunately, Facebook has stopped' dan sebagainya.

Bila menemukan aplikasi crash dan mengeluarkan pesan seperti 'Unfortunately, Facebook has stopped' atau aplikasi lain yang berhenti bekerja tidak perlu khawatir. Sebab, ada cara untuk memperbaikinya.

Supaya tidak bingung untuk memperbaiki masalah seperti itu, nah berikut ini langkah-langkahnya sebagaimana dirangkum iNews.id dari Android Pit, Minggu (1/12/2019).

Membersihkan Aplikasi Storage
Masalah ini sering muncul dengan aplikasi kontak, galeri, dan launcher. Prosedur untuk memperbaikinya umumnya selalu sama. Pertama, pergi ke Settings yang ada di perangkat Anda.

Kemudian, pergi ke Apps and Notification lalu App Info. Scroll down ke aplikasi yang menyebabkan masalah dan tap itu. Di next menu, hit storage. Di sini, Anda akan menemukan Clear data and Clear cache options.

Clear cache adalah opsi yang harus Anda mulai. Clear cache menghilangkan data yang disimpan yang memungkinkan aplikasi load sedikit lebih cepat saat diluncurkan.

Sementara itu, Clear data akan menghapus semua data aplikasi yang mencakup file, settings, dan akun. Jadi, jangan menggunakan ini setidaknya bila diharuskan.

Uninstall dan Reinstall Aplikasi
Jika aplikasi ini bawaan, Anda dapat mencoba uninstall dan reinstall kembali dari Google Play Store. Cukup buka aplikasi Play Store, lalu open menu bar di sisi kiri dan tap pada My apps and games.

Temukan aplikasi yang dimaksud dan tekan Uninstall. Proses ini membutuhkan waktu beberapa detik, setelah itu Anda dapat menginstal-nya lagi.

Matikan Ponsel, Lalu Nyalakan Lagi
Bila Anda menemukan aplikasi sedang crash, coba lakukan untuk soft reset dengan me-reset perangkat. Cara ini cukup mudah dan efektif jika ponsel Anda sudah menyalam cukup lama.

Soft reset akan memberikan daya pada siklus ponsel Anda. Matikan lalu hidupkan kembali. Sebaiknya, matikan ponsel Anda setiap beberapa hari selama beberapa menit. Hal ini akan membantu ponsel yang lambat dengan berbagai masalah.

Factory Reset
Bila semua cara yang sudah tidak dapat dilakukan, Anda dapat melakukan factory reset ponsel Anda. Saat melakukan factory reset, pastikan Anda telah mencadangkan semua data terlebih dulu.

Factory reset akan menghapus perangkat Anda dan mengembalikannya ke default pabrik. Anda dapat memulihkan aplikasi dan data setelahnya dengan mudah, selama Anda sudah membuat cadangan.


Editor : Dini Listiyani