iPhone 5G Pertama Muncul di 2020, Modem Akan Disokong Intel

Dini Listiyani ยท Senin, 05 November 2018 - 11:31 WIB
iPhone 5G Pertama Muncul di 2020, Modem Akan Disokong Intel

iPhone 5G Pertama Muncul di 2020, Modem Akan Disokong Intel (Foto: Phone Arena)

CALIFORNIA, iNews.id - Beberapa produsen smartphone menargetkan akan meluncurkan ponsel 5G pada 2019. Namun tidak demikian dengan Apple yang memilih untuk lebih lama meluncurkan iPhone 5G. 

Menurut laporan baru oleh Fast Company, iPhone 5G pertama akan hadir pada 2020. Mengutip sumber tanpa nama, majalah Amerika Serikat (AS) mengklaim, chip modem Intel 10-nanometer 8161 akan secara eksklusif digunakan di jajaran ponsel mendatangnya.

Tes saat ini tengah dilakukan dengan chip 8060 dan hasilnya tidak terlalu menggembirakan. Intel rupanya sedang berjuang mengurangi pembuangan panas dengan komponen-komponen ini.

Banyak operator AS akan bergantung pada penggunaan gelombang milimeter, spektrum radiasi elektromagnetik antara 30 hingga 30 GHz untuk 5G. Band ini agak memaksa dan unit pengujian saat ini dengan 8060 mengalami masalah akumulasi panas. Masalah ini berdampak negatif terhadap masa pakai baterai.

Sumber menyatakan, Intel yakin akan kemampuannya untuk menyelesaikan masalah. Tapi, jika masalah terus berlanjut, Apple dikabarkan tengah mencari alternatifnya. 

Mengutip Phone Arena, Senin (5/11/2018), sebagai perbandingan, Samsung, Huawei, dan Xiaomi akan menggunakan modem Qualcomm X50 5G yang seharusnya tidak terlalu memanas.

Keputusan Apple meluncurkan iPhone 5G lebih lambat dari produsen lainnya mungkin tidak terdengar baik. Tapi, pendekatan konservatif bisa menjadi tindakan yang baik di sini.

Seperti diketahui, Xiaomi telah meluncurkan ponsel 5G Mi Mix 3 pada 2018. Tapi kemampuan 5G tidak bisa digunakan sampai ada jaringan penerus generasi keempat ini mendukung mereka.


Editor : Dini Listiyani