Jangan Bingung, Begini 3 Langkah Mudah Atasi iPad 'Membeku'

Dini Listiyani ยท Jumat, 17 Agustus 2018 - 04:34 WIB
Jangan Bingung, Begini 3 Langkah Mudah Atasi iPad 'Membeku'

iPad. (Foto: Lifewire)

CUPERTINO, iNews.id - Salah satu masalah iPad yang membuat frustasi ialah freezing, terutama jika terjadi berulang kali. Saat iPad mogok atau beku, biasanya dikarenakan aplikasi yang bertentangan satu sama lain.

Dalam kasus yang jarang terjadi, konflik mungkin muncul dengan sistem operasi, bahkan OS bisa menjadi rusak. Untuk memecahkan masalah iPad ‘membeku’ ini, berikut opsi yang bisa dilakukan seperti dirangkum iNews.id dari Life Wire, Jumat (17/8/2018).

Reboot iPad

Reboot sederhana iPad biasanya cukup mempan untuk mengatasi masalah. Tak perlu khawatir, saat melakukan reboot semua data Anda aman. Cara melakukan reboot di iPad sendiri mudah, yakni tahan tombol Sleep atau Wake di atas iPad dan home di bawah.

Setelah itu, iPad akan secara otomatis mati. Saat layar mulai gelap, nyalakan kembali dengan menahan tombol Sleep atau Wake selama beberapa detik. Logo Apple akan muncul saat booting.

Hapus Aplikasi Sumber Masalah

Jika Anda menyalakan ulang iPad dan masih mengalami masalah saat meluncurkan atau menjalankan aplikasi, mungkin cara terbaik ialah reinstall aplikasi tersebut.

Hapus aplikasi dengan menekan jari Anda pada ikon dan tahan sampai X muncul di sudut kanan atas aplikasi. Menyentuh tombol X ini akan menghapus aplikasi.

Restore iPad Anda ke Factory Default

Jika Anda masih mengalami masalah freezing, mungkin cara terbaik yang bisa diambil ialah mengembalikan iPad ke pengaturan default pabrik dan mengembalikan aplikasi Anda dari backup dengan menyinkronkan iTunes.

Editor : Tuty Ocktaviany