Kominfo Pastikan Jaringan Seluler Masyarakat Aman saat Nataru

Diaz Abraham ยท Kamis, 26 Desember 2019 - 19:30 WIB
Kominfo Pastikan Jaringan Seluler Masyarakat Aman saat Nataru

Kominfo memastikan jaringan seluler masyarakat di seluruh Indonesia aman. (Foto: Kominfo)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan jaringan seluler masyarakat di seluruh Indonesia aman digunakan pada momen Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru). Biasanya pada momen tersebut, trafik jaringan telekomunikasi akan tinggi.

Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan antisipasi dan berkoordinasi dengan operator seluler untuk meningkatkan kapasitas jaringan di lokasi yang menjadi titik keramaian saat perayaan Nataru.

Melalui koordinasi tersebut, operator telekomunikasi telah melakukan beberapa langkah seperti:

PT Telkomsel

Menyambut momen Nataru, PT Telkomsel mengoptimalisasi seluruh jaringan di 533 titik dengan menyediakan 82 Mobile Base Transceiver Station (BTS) di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat. Secara keseluruhan, Telkomsel telah menggelar lebih dari 209.000 unit BTS di seluruh Indonesia. 77.000 di antaranya merupakan BTS 4G untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data.

Selain itu, mereka juga memberikan layanan tambahan seperti penyiagaan 324 Mobile GRAPARI (MoGI) dan 3.716 outlet siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi layanan digital lain. Pelanggan bisa memperoleh layanan di sekitar 422 GraPARI Siaga di seluruh Indonesia.

Pelanggan bisa menggunakan layanan pesan instan, yakni layanan GraPARI virtual yang siap berinteraksi secara langsung untuk menjawab pertanyaan seputar produk dan layanan Telkomsel selama 7x24 jam yang bisa diakses melalui My Telkomsel, LINE, Telegram, dan Facebook Messeger Telkomsel.

Telkomsel membuat Roadshow Nataru untuk memberi bantuan kepada 2.500 masyarakat yang membutuhkan, 2.500 anak panti asuhan, dan 40 tempat ibadah atau yayasan sosial di Pekanbaru, Bogor, Malang, dan Pontianak. Terakhir, ada Program Telkomsel Siaga Sebar Hepi 219 dengan memberikan hadiah kepada para pelanggan beruntung.

PT XL Axiata Tbk

Perusahaan satu ini telah mengerahan 30 Mobile BTS menyambut momen Nataru. Selain itu melakukan pengecekan jaringan, serta pengukuran QoS di 300 titik pusat keramaian maupun POI seperti airport, tempat wisata, bis, stasiun, pelabuhan, mal, tempat-tempat ibadah, pusat perayaan tahun baru, tiga jalur kereta (Jakarta-Surabaya jalur utara, Surabaya-Jakarta jalur selatan, Kualanamu Airport, Medan).

Tempat lainnya yakni tujuh jalur tol (Jakarta-Bogor, Jakarta-Surabaya, Surabaya-Malang, Jakarta-Merak, Bakauheni-Palembang, Medan-KNIA, dan Medan-Tebing). Melakukan patroli dan pengecekan jalur-jalur fiber utama bersama dengan semua partner untuk memastikan jalur telekomunikasi berlangsung lancar.

Pelayanan lain yang diberikan, yakni monitoring 7x24 jam di NOC dengan standby engineer di region pada tempat-tempat penting dan jalur mudik.

PT Indosat Tbk

Pada saat ini PT Indosat Tbk melakukan penambahan empat mobile BTS di beberapa lokasi tempat wisata. Selain itu melakukan penambahan lebih dari 12 ribu BTS 4G secara masif di seluruh Indonesia sepanjang 2019. Peningkatan kapasitas untuk layanan data, voice, dan SMS juga dilakukan.

Layanan lain yang dihadirkan, yakni melakukan pengukuran QoS dan memastikan QoS dalam kondisi baik terutama di titik keramaian seperti bandara, terminal, stasiun, dan tempat wisata. Melakukan network monitoring secara intensif melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC).

PT Hutchison 3 Indonesia

Perusahaan ini melakukan penambahan kapasitas di 3490 BTS yang terdiri dari 3410 unit BTS 4G LTE dan 80 unit BTS 3G serta ekspansi kapasitas di 3660 BTS 4G di kanal baru spektrum 2100 MHz. Memastikan 160 titik penting dan pusat keramaian terlayani dan dioptimalkan.

Menambah 15 mobile BTS untuk mendukung di jalan utama dan beberapa pusat keramaian di Jawa seperti di bandara, stasiun kereta dan bus, pelabuhan laut dan kunjungan wisata.

Layanan lain yang diberikan, yakni 3Store beroperasi normal selama libur Natal dan Tahun Baru. Pelayanan 3Care dapat diakses melalui Aplikasi 3Chat melalui aplikasi bima+, melakukan chating melalui aplikasi Whatsapp ke nomor 08999800123, chat menggunakan aplikasi BBM 24F1E25C, atau Email ke 3care@three.co.id, dan telepon ke 123 (dari nomor Tri) atau 08964400123.

PT Smartfren Telecom

Mereka telah mengalokasikan 29 Mobile BTS yang terdiri dari 22 terpasang, tujuh standby di lokasi atau area regional. Perusahaan ini telah melakukan Intensive Care & Monitoring seluruh element systems pada H-14 dan H+14 melalui NOC (Network Operations Centre) di Jakarta dan Surabaya. Kesiapan engineer team aktif, lengkap dengan kendaraan operasional dan Tools yang memadai pada H-7 hingga H+7 dan selalu siap ditugaskan untuk menanggulangi gangguan kapan saja.

PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia

Perusahaan satu ini telah melakukan persiapan cadangan bbm untuk genset backup di site. Selain itu mereka juga melakukan pengaturan jadwal shift petugas NoC pusat, serta koordinasi dengan building management untuk mengecek kesiapan genset backup dan bbm nya. Koordinasi dan pengaturan dengan field engineering area team, serta koordinasi dengan penyelenggara jaringan backhaul untuk jaminan ketersediaan jaringannya.

PT Telkom Indonesia

PT Telkom Indonesia menghadirkan Layanan Prima Top Perform Quality of Service, yaitu menyediakan layanan terbaik di Area PREMIUM (Public, Religious, Malls, Indoor, Uniqueness and Massive crowds). Selain itu melakukan penyiapan infrastruktur TelkomGroup menjelang SIAGA NARU 2019-2020, pelatihan network & service, dan mitigasi celah keamanan network dan IT. Menyediakan 247 posko TelkomGroup SIAGA NARU 2019-2020 di 7 Telkom Regional dan TIOC Jakarta.

Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kominfo turut melakukan pengukuran kualitas layanan telekomunikasi di beberapa lokasi seperti Monas yang berdekatan dengan Gereja Katedral, Bandara Soekarno Hatta, Bandara Halim Perdana Kusuma, Taman Mini Indonesia Indah, dan kota-kota lainnya.

Hasil pengukuran kualitas layanan ini kemudian disampaikan kepada operator untuk dilakukan optimasi jaringan, sehingga masyarakat dapat menikmati layanan telekomunikasi yang berkualitas. Kementerian Kominfo akan terus melakukan pemantauan terhadap performansi jaringan operator seluler dalam menghadapi Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, termasuk PT Telkom dalam penyediaan akses internet di titik-titik yang menjadi pusat konsentrasi massa. (Adv)

Editor : Tuty Ocktaviany