LG Akan Menunda Produksi Smartphone di Korea Selatan Tahun Ini

Dini Listiyani ยท Kamis, 25 April 2019 - 11:01 WIB
LG Akan Menunda Produksi Smartphone di Korea Selatan Tahun Ini

LG Akan menunda produksi smartphone di Korea Selatan tahun ini (Foto: Phone Arena)

SEOUL, iNews.id - LG dikabarkan berencana menunda produksi smartphone di negeri asalnya, Korea Selatan tahun ini. Sebagai gantinya, produsen smartphone ini akan mengalihkan produksi ke negara lainnya.

Seperti dilaporkan Yonhap News Agency, LG berencana mengalihkan produksi smartphone di Korea saat ini ke pabrik di Vietnam. Tujuannya, membantu memulihkan divisi smartphone yang kehilangan uang.

Bisnis seluler LG, kata para analis, berada di zona merah selama tujuh kuartal, dan meningkatnya persaingan harga di pasar TV global kemungkinan membebani pendapatan kuartal pertamanya.

Melansir Phone Arena, Kamis (25/4/2019), saat ini, rencana produksi smartphone LG di Korea Selatan berfokus pada ponsel-ponsel unggulan. Tidak diketahui apakah smartphone kelas mid-range dan low-end juga dibuat di pabrik itu.

Kendati demikian, hasil produksi saat ini menyumbang antara 10 persen hingga 20 persen dari total produksi smartphone LG. Selain Korea Selatan, LG masih memiliki basis produksi di Brasil, China, India, dan Vietnam.

Seperti diketahui, industri smartphone sekarang tidak terlalu panas. IDC mengatakan, sebanyak 375,4 juta perangkat dikirim kepada pelanggan selama kuartal keempat 2018, turun 4,9 persen dari Q4 2017.

Melansir Venture Beats, pengiriman global pada 2018 turun 4,1 persen, dengan total 1,4 miliar unit dikirim untuk setahun penuh. China mengalami penurunan yang drastis.

Negara yang menyumbang sekitar 30 persen dari konsumsi smartphone dunia, terlihat mengalami penurunan volume pengiriman sebesar 10 persen. Dalam hal ini, IDC menyalahkan inventaris tinggi dan penurunan keseluruhan belanja konsumen.


Editor : Dini Listiyani