Libur Lebaran 2019, Tri Alami Kenaikan Trafik Data 40 Persen

Dini Listiyani ยท Senin, 10 Juni 2019 - 10:15 WIB
Libur Lebaran 2019, Tri Alami Kenaikan Trafik Data 40 Persen

Tri alami kenaikan trafik data 40 Persen (Foto: Pexels)

JAKARTA, iNews.id - Selama musim liburan Idul Fitri dan mudik, Hutchison 3 Indonesia (Tri) melihat adanya lonjakan trafik data. Tercatat, lonjakan trafik selama liburan meningkat lebih dari 40 persen dibanding hari biasa.

Lonjakan trafik data terjadi mulai H-10 bersamaan dengan dimulainya libur panjang Hari Kenaikan Isa Almasih ke Idul Fitri. Kendati demikian, Tri mengklaim kepadatan dan lonjakan trafik tidak menimbulkan kendala yang berarti.

"Kami telah memperluas kapasitas dan jangkauan 4G/4.5G Pro untuk membantu dan memudahkan pelanggan mengabadikan dan membagikan momen spesial secara real time selama perayaan Idul Fitri dan masa liburan ini, serta kembali ke kota asal dengan selamat," kata Chief Technology Officer 3 Indonesia Desmond Cheung dalam keterangan yang diterima iNews.id, Senin (10/6/2019).

Tri Indonesia mencatat, lonjakan trafik data tertinggi terjadi di daerah wisata dan kota tujuan mudik seperti Yogyakarta, Purworejo, Brebes, Jombang, dan Blora.

Di samping data, kenaikan trafik juga terlihat pada layanan video streaming. Tri Indonesia mencatat, kenaikan trafik video streaming naik hingga 40 persen. Aktivitas video streaming yang dilakukan pelanggan Tri mayoritas dilakukan untuk YouTube, Instastory, dan Live Report Instagram serta Facebook.

Selain itu, peningkatan juga terjadi pada pembelian mobile games sebesar 100 persen dan mendorong kenaikan trafik Mobile Legends hingga 155 persen. Di samping melakukan streaming dan bermain game, Tri juga melihat pelanggannya aktif bermedia sosial melalui Facebook dan Instagram serta menyampaikan salam Idul Fitri di aplikasi WhatsApp yang melonjak sekitar 35 persen.

Sekadar informasi, Tri telah mempersiapkan jaringan untuk melayani pelanggan selama libur lebaran. Hal itu ditandai dengan perluasan jangkauan jaringan internet berteknologi 4G/4.5G Pro hingga ke lebih dari 10.000 desa dan kelurahan di lebih dari 300 kota serta kabupaten.

Optimalisasi juga telah dilakukan di jalur mudik dan kota-kota tujuan mudik sesuai anjuran dari Kementerian Komunikasi dan Informatika seperti jalur kereta api Solo-Yogyakarta,-Semarang, rute Jakarta-Surabaya melalui kapal laut dan jalan tol, jalur perjalanan darat Jakarta-Merak-Palembang, dan kota tujuan mudik Makassar, Medan, Banjarmasin, Balikpapan, serta Padang.

Selain itu, Tri juga melakukan transformasi core network system yang tersebar di 19 kota sehingga pengaturan trafik komunikasi data tidak terpusat.

"Dengan diberlakukan sistem ini memudahkan bagi kami untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan internet Tri, memperluas kapasitas, serta menyeimbangkan kapasitas jaringan dengan lancar," ujar Desmond.

 


Editor : Dini Listiyani