Minimalkan Kerusakan, Ini Tips Atasi HP Basah karena Kehujanan

Tangguh Yudha ยท Selasa, 29 November 2022 - 17:51:00 WIB
Minimalkan Kerusakan, Ini Tips Atasi HP Basah karena Kehujanan
Ini Tips Atasi HP Basah karena Kehujanan (Foto: bckfwd/Unsplash)

JAKARTA, iNews.id -  Kekhawatiran saat musim hujan tiba adalah keamanan HP. Jika perangkat pintar terlanjut terkena hujan, Anda bisa tips atasi HP basah berikut ini. 

Saat musim penghujan tiba Anda perlu berhati-hati membawa perangkat elektronik. Karena, bisa saja perangkat Anda berpotensi tekena hujan saat perjalanan. 

Jika perangkat Anda terlanjut terkena hujan, jangan panik terlebih dulu. Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini agar menghindari perangkat rusak parah. 

Tips Atasi HP Basah

1. Matikan hp

Hal yang perlu Anda lakukan adalah mematikan ponsel. Dengan mematikan HP, Anda mengurangi potensi korseliting di sirkuit. Selanjutnya lap seluruh bagian HP hingga kering.

2. Cabut baterai

Jika perangkat tidak menggunakan baterai tanam bisa coba cara ini. Biasanya di sana akan ada stiker putih yang menempel. Ketika stiker ini berubah warna menjadi pink atau merah, berarti kelembapan baterai sudah tinggi, silakan keringkan.

Sementara untuk hp yang sudah mengusung teknologi baterai tanam, jangan pernah menyalakannya sebelum benar-benar dirasa kering. Selain itu juga jangan coba-coba untuk mengisi dayanya karena justru akan membuat hp rusak.


3. Gunakan alat pengering

Sebelum menyalakan HP pastikan agar  benar-benar kering. Biasanya sejumlah pengguna akan merendamnya di beras atau dengan kipas angin. Satu hal yang diharamkan adalah mengeringkannya menggunakan hairdryer karena malah akan merusak komponen.


Itulah beberapa tips untuk mengatasi hp basah karena terkena hujan. Bagaimana, mudah bukan? Intinya adalah jangan panik. Selamat mencoba.

Editor : Dini Listiyani

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda