Oktober, Huawei Akan Kirim Smartphone Berbasis OS HongMeng

Dini Listiyani ยท Jumat, 14 Juni 2019 - 09:33 WIB
Oktober, Huawei Akan Kirim Smartphone Berbasis OS HongMeng

Oktober, Huawei akan kirim smartphone berbasis OS HongMeng (Foto: Ubergizmo)

CALIFORNIA, iNews.id - Huawei dilaporkan akan menggunakan sistem operasinya sendiri mulai Oktober tahun ini. Mengingat, raksasa teknologi asal China ini sekarang memiliki akses terbatas ke Android.

Huawei sebelumnya telah mengungkapkan mereka tengah menggarap sistem operasi selulernya sendiri bila aksesnya ke Android diblokir. Perangkat yang ditenagai sistem operasi bernama HongMeng dapat dikapalkan mulai Oktober ini.

Informasi terbaru ini sesuai dengan memo dari analis Tiangfeng International Guo Mingxi, yang memprediksi Huawei akan meluncurkan smartphone yang ditenagai oleh OS HongMeng pada musim gugur tahun ini.

Huawei tidak akan melakukan peralihan lewat perangkat utamanya terlebih dulu. Raksasa teknologi asal China ini kemungkinan akan memasukkan OS HongMeng pada perangkat bugdet dan mid-range untuk China terlebih dulu.

Mengapa Huawei berniat mengubah OS untuk perangkatnya di China? Mengutip Ubergizmo, Jumat (14/6/2019), alasan lain untuk peluncuran China saja adalah OS mungkin tidak bisa memenuhi persyaratan pasar global.

Huawei tampaknya juga tidak ingin terburu-buru untuk meluncurkan perangkat berbasis OS HongMeng ke dunia luar. Pembuat seri Mate ini dilaporkan berencana untuk mengurangi peluncuran dan menyempurnakan OS HongMeng terlebih dulu.

Setelah OS HongMeng sempurna dan membangun ekosistem, barulah Huawei bisa memperkenalkan OS kembangannya ke dunia melalui perangkat yang lebih premium.


Editor : Dini Listiyani