Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Ponsel Baru

Siska Permata Sari ยท Rabu, 03 Juni 2020 - 10:05 WIB
Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Ponsel Baru

Smartphone (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Ponsel kini tidak lagi menjadi barang mewah. Bahkan, bagi sebagian orang, ponsel sudah menjadi barang primer yang tak hanya dijadikan sebagai alat komunikasi, tetapi juga alat pembayaran, dan sebagainya.

Saat ini, ponsel juga banyak diproduksi dengan variasi spesifikasi dan harga. Tapi, mana yang benar-benar cocok buat Anda? Berikut lima hal yang wajib dipertimbangkan sebelum membeli ponsel, seperti dilansir dari Android Pit, Rabu (3/6/2020).

Apa yang Anda butuhkan

Sebelum memilih smartphone apa pun, Anda harus mengetahui kebutuhan Anda. Misalnya, untuk produktivitas kerja, hanya untuk media sosial, desain, gaming, atau hiburan. Ini adalah pertimbangan pertama yang harus Anda ketahui untuk mendapatkan ponsel yang tepat.

Sistem operasi

Selanjutnya yang harus Anda pertimbangkan adalah, sistem operasi yang Anda butuhkan. Apakah itu Android atau iOS. Ini tergantung dengan kenyamanan Anda dalam menggunakan ponsel.

Desain dan fungsi

Dalam memilih ponsel baru, selera pribadi adalah titik keputusan utama, baik dari segi perangkat lunak dan tampilan luar. Apakah Anda menginginkan desain yang ramping atau layar besar. Kemudian kembali ke fungsi, mana yang Anda butuhkan. Jika Anda ingin ponsel yang andal dalam hal fotografi, pilihlah ponsel dengan kamera mumpuni. Tetapi jika ponsel digunakan untuk gaming, Anda harus mencari ponsel dengan prosesor mutakhir dan penyimpanan internal besar.

Daya tahan baterai

Berikutnya yang tak kalah penting adalah daya tahan baterai. Jangan tertipu, jumlah mAh yang lebih tinggi tidak berarti semakin banyak usia baterai, atau siklus hidup baterai yang lebih lama. Faktor-faktor yang berperan berbeda dan perlu untuk mengetahuinya, misalnya ukuran layar dan prosesor.

Kualitas kamera

Produsen smartphone mulai lebih memperhatikan kualitas dan fitur kamera. Jumlah megapiksel, fokus otomatis hibrida, stabilisasi optik, mode manual, efek khusus, dan fitur selfie khusus, membuat ponsel semakin mirip kamera digital. Sama halnya dengan baterai, jangan tertipu dengan jumlah megapiksel, perhatikan juga jenis sensor terintegrasi, kualitas lensa, dan ukuran piksel.

Editor : Dini Listiyani