Smartphone Masa Depan Samsung Berpotensi Kehilangan Lubang di Layar

Dini Listiyani ยท Senin, 18 Maret 2019 - 14:15 WIB
Smartphone Masa Depan Samsung Berpotensi Kehilangan Lubang di Layar

Smartphone masa depan Samsung berpotensi kehilangan lubang di layar (Foto: Ubergizmo)

SEOUL, iNews.id - Samsung menyiasati layar full tanpa notch dengan membuat lubang. Lubang kecil di layar tersebut berperan sebagai rumah untuk kamera depan.

Langkah Samsung untuk membuat lubang kecil di layar sebagai pengganti notch tampaknya berpengaruh bagi desain smartphone. Bahkan, menurut Ubergizmo, Senin (18/3/2019) pada akhirnya mengganggu tampilan smartphone.

Penggunaan lubang kecil di atas layar tampaknya menjadi solusi sementara bagi Samsung. Sebab, raksasa elektronik asal Korea Selatan ini tengah berupaya untuk menciptakan smartphone tanpa lubang sepenuhnya.

Berbicara kepada kantor berita Yonhap (via Android Pit), Vice President of the Mobile Division’s Screen Research and Development Department Samsung Yang Byung-duk mengungkapkan, rencana perusahaan di mana mereka bekerja menuju layar yang memungkinkan kamera depan berada di bawahnya.

"Meskipun tidak mungkin untuk membuat (smartphone full-screen) dalam satu atau dua tahun ke depan, teknologi ini bisa bergerak maju ke titik di mana lubang kamera tidak akan terlihat, tidak mempengaruhi fungsi kamera dengan cara apa pun," katanya.

Sebelumnya, Samsung telah memamerkan konsep-konsep seperti itu. Tapi, berdasarkan apa yang dikatakan Yang, mungkin perlu waktu untuk melihat smartphone tanpa lubang kecil di bagian atas.

Sekadar informasi, sejumlah pembuat smartphone tengah berupaya menghilangkan notch di atas layar dan menghadirkan pengalaman full-screen kepada pengguna. Berbeda dengan Samsung, produsen smartphone seperti Xiaomi, Oppo, dan Vivo lebih memilih untuk membuat smartphone mereka dengan pop-up camera.


Editor : Dini Listiyani