Snapdragon 855 Tingkatkan Kemampuan Kamera dan AI

Dini Listiyani ยท Kamis, 06 Desember 2018 - 19:23 WIB
Snapdragon 855 Tingkatkan Kemampuan Kamera dan AI

Snapdragon 855 memberikan peningkatan pada beberapa fitur, yakni konektifitas, kamera, kecerdasan buatan (AI) dan hiburan. (Foto: The Verge)

HAWAII, iNews.id - Qualcomm telah memperkenalkan platform mobile terbaru mereka, Snapdragon 855 di Hawaii. Pada ajang Snapdragon Tech Summit 2018, Qualcomm memaparkan setiap detil prosesor yang disediakan untuk smartphone kelas premium ini.

Dikutip dari The Verge, Kamis (6/12/2018), secara garis besar, Qualcomm menghadirkan peningkatan pada beberapa fitur, yakni konektifitas, kamera, kecerdasan buatan (AI) dan hiburan. Untuk urusan konektivitas, chipset terbaru ini menggunakan modem X24 bukan X50 yang mena3arkan konektivitas 5G.

Meski begitu, hadirnya X24 merupakan sebuah lompatan besar dibandingkan pendahulunya, yakni X20 di Snapdragon 845. Di mana modem terbaru ini mampu mendukung LTE Cat. 20 yang mencapai kecepatan koneksi hingga 2Gbps dan menjadikan Snapdragon 855 sebagai chipset pertama yang mampu mendukung kecepatan tersebut.

Tidak sampai di situ, Snapdragon 855 juga diklaim sebagai yang pertama dengan faster Wi-Fi 6. Di mana perangkat tersebut secara teori mampu mencapai kecepatan hingga 10Gbps untuk urusan Wifi.

Sementara untuk AI, Qoalcomm menyebutkan bahwa akan ada peningkatan yang signifikan untuk urusan AI di Snapdragon 855. Adreno, Kyro dan Hexagon semuanya akan bekerja sama untuk menjalankan tugas AI yang disebut sebagai mesin AI generasi keempat.

Qualcomm juga mengungkapkan mereka tengah bekerja sama dengan google untuk membuat AI di perangkat smartphone menjadi lebih baik lagi. Qualcomm juga menyebut pengenalan foto dan platform AR Google Lens akan mengalami peningkatan yang signifikan melalui Snapdragon 855.

Salah satu contohnya adalah pengenalan teks menggunakan Google Lens, Anda hanya tinggal mengarakan smartphone yang dilengkapi Snapdragon 855 dan smartphone ini langsung mengidentifikasi bahkan menerjemahkan teks secara lebih cepat dan efisien. Tidak sampai disitu, 855 juga mampu melakukan beragam trik AR dengan cepat seperti menempatkan beragam furnitur virtual di sebuah ruangan untuk urusan dekorasi rumah.

Melalui fitur AI, snapdragon 855 juga memiliki kemampuan untuk mengisolasi suara seseorang di panggilan telepon agar terdengar lebih baik ketika orang tersebut berada di lingkungan yang bising.

Sedangkan peningkatan pada sisi kamera terlihat dari hadirnya upgrade di Spectra 380 ISP. Dengan Snapdragon 855, pemrosesan komputasi untuk beberapa fitur kamera seperti potrait, AR/VR dan lainnya akan mengalami peningkatan kecepatan dan penggunaan daya yang lebih efisien.

855 juga mampu melakukan penginderaan mendalam pada 60 fps, memungkinkan hal-hal seperti review mode potret bisa dilakukan secara realtime bahkan mode potret video dengan real time HDR. 855 juga dapat mengaburkan background seseorang secara realtime pada video dengan kualitas 4K.

Fitur lain yang tidak kalah canggih adalah efek hoc green-screen. Fitur ini mampu mengganti background seseorang pada live footage.

Untuk hasil foto, mereka akan beralih dari format JPEG ke HEIF. Qualcomm beralasan JPEG tidak dirancang untuk menangkap hal-hal seperti HDR, penglihatan komputer dan file video yang terintegrasi seperti Apple Live photo.


Editor : Dani Dahwilani