Snapdragon 8cx Diumumkan, Ini Kelebihannya

Dini Listiyani ยท Jumat, 07 Desember 2018 - 19:45 WIB
Snapdragon 8cx Diumumkan, Ini Kelebihannya

Snapdragon 8cx Diumumkan, Ini Kelebihannya (Foto: Qualcomm)

HAWAII, iNews.id - Qualcomm mengumumkan kehadiran platform komputasi Snapdragon 8cx, chip 7nm pertama yang akan memperkuat PC. Snapdragon 8cx juga merupakan chip premium yang akan disebarkan bersama Snapdragon 850.

Snapdragon 8cx hadir dengan GPU Adreno 680, Hexagon 690 DSP, CPU Kyro 495, dan modem Snapdragon X24 LTE. Chip ini memiliki empat perfomance dan efisiensi core. Qualcomm mengklaim, Kyro 495 akan memungkinkan multi-tasking lebih cepat berkat cache yang lebih besar dari platform sebelumnya.

Chip ini dirancang khusus untuk Always-Connected PC, perangkat yang mampu terhubung ke internet sepanjang hari tapi tetap memberikan daya tahan baterai yang baik.

"Dengan performa dan daya tahan baterai sebagai prinsip desain kami, kami menghadirkan inovasi 7nm ke ruang PC, sehingga memungkinkan kemampuan seperti smartphone untuk mengubah pengalaman komputasi," kata Senior Vice President and General Manager of Mobile Alexa Qualcomm Alexa Katouzan.

Snapdragon 8cx menawarkan pengalaman komputasi yang kuat dari masa pakai baterai dan konektivitas multi-gigabit, dalam tipis, ringan, dan desain tanpa kipas yang baru, seperti dikutip dari IBTimes, Jumat (7/12/2018).

Selain itu, Snapdragon 8cx juga mendukung Wifi, Spectra 390 ISP, dan Qualcomm Quick Charge 4+ fast charging solution, yang biasanya hanya ditemukan pada smartphone seperti Razer Phone.

Chip baru ini juga mampu mendukung berbagai jenis peripherals melalui USB Type-C 3.1. Chip juga memungkinkan PC memutar video 4K HDR pada 120 frame per second (fps) di layar mereka. Dalam segi audio, Snapdragon 8cx dilengkapi dengan teknologi Qualcomm Aqstic.

Paket teknologi ini dilengkapi dengan dukungan untuk codec audio canggih, power amplifier cerdas, dan teknologi suara software. Artinya, chip akan bisa mengirimkan audio HD melalui koneksi Bluetooth dan meningkatkan fitur aksesibilitas.

Teknologi audio juga akan mendukung Cortana dan asisten suara Alexa. Tak ketinggalan, Snapdragon 8cx akan sepenuhnya mendukung Microsoft 365 Office suite pada Windows 10.

Qualcomm mengatakan, Snapdragon 8cx sudah diambil sampelnya oleh produsen. Dan, perangkat yang akan diperkuat oleh chip baru Qualcomm ini akan mulai dikirim selama kuartal ketiga 2019.


Editor : Dini Listiyani