Tingkatkan AI, Galaxy S10 Bakal Ditopang Co-Prosesor

Dini Listiyani ยท Rabu, 07 November 2018 - 22:01 WIB
Tingkatkan AI, Galaxy S10 Bakal Ditopang Co-Prosesor

Tingkatkan AI, Galaxy S10 Bakal Ditopang Co-Prosesor (Foto: Android Authority)

SEOUL, iNews.id - Samsung Galaxy S10 diperkirakan akan tiba pada awal tahun depan. Namun, belum sampai smartphone tersebut diluncurkan beragam informasi tentang ponsel tersebut muncul di duni maya.

Kini, laporan terbaru mengklaim, Samsung berencana untuk menambahkan co-prosesor AI khusus ke Galaxy S10. Spesikasi ihwal co-prosesor AI saat ini belum tersedia.

Tapi, laporan dari website Korea ETNews menyarankan, neural processing unit (NPU) akan tiba dengan dua artificial intelligence core khsusus. Jika benar, maka pengguna bisa mendapatkan peningkatan kinerja saat berkait dengan tugas terkait AI, termasuk pengolahan foto, pengenalan gambar dan suara.

Chip dikatakan diproduksi pada teknologi manufaktur 7nm EUV. Langkah ini seharusnya tidak menjadi kejutan besar bagi banyak orang karena saingan utama Samsung sudah melakukan hal yang sama.

Apple sudah menggunakan chip 7nm pada jajaran iPhone 2018 saat ini. Sementara Huawei melakukan hal yang sama pada Mate 20 Pro. Baik Apple dan Huawei, keduanya menggunakan chip in-house mereka yang juga telah mendedikasikan neural engines untuk menangani tugas AI dan machine learning.

Samsung memiliki chipsep sendiri di bawah merek Exynos. Namun, perusahaan menggabungkan Exynos dan Qualcomm untuk perangkat flagship-nya. Chip Exynos biasanya digunakan untuk handset yang dirilis di Asia dan Snapdragon digunakan pada perangkat di wilayah Barat.

Diharapkan, Samsung akan meletakkan NPU dualc-core khusus baru pada Exynos dan Qualcomm untuk ponsel flagship-nya, Galaxy S10. Jadi, apa yang dilakukan NPU khusus untuk pengguna?

Aplikasi yang paling jelas ialah dalam bentuk fotografi komputasional tingkat lanjut. Google saat ini memimpin dengan smartphone Pixel 2 dan Pixel 3, sebagaimana dikutip dari IBTimes, Rabu (7/11/2018).

Baik Pixel 2 dan 3, keduanya hadir dangan Pixel Visual Core buatan Google untuk menangani fotografi komputasional, yang membantu menghasilkan foto mengesankan. Ada kemungkinan, Samsung ingin meningkatkan sesuatu yang menyangkut fotografi dengan menambahkannya NPU baru di Galaxy S10.


Editor : Dini Listiyani