5 Aplikasi Desktop Terbaik untuk Tambahkan Filter ala Instagram di Foto Anda 

Dini Listiyani · Sabtu, 20 Juni 2020 - 10:09 WIB
5 Aplikasi Desktop Terbaik untuk Tambahkan Filter ala Instagram di Foto Anda 

Aplikasi Instagram (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Instagram sudah menjadi platform yang lekat di kehidupan sejumlah masyarakat dunia. Apalagi, layanan berbagi foto ini telah mempermudah aksesnya.

Instagram tidak hanya bisa diakses melalui smartphone tapi juga desktop. Namun, filter di Instagram hanya bisa bekerja untuk aplikasi Android dan iOS, bukan di PC atau Mac.

Lantas bagaimana jika ingin mendapatkan filter Instagram di PC atau Mac? Berikut ini editor foto ramah filter yang bisa memberikan solusi untuk Anda, sebagaimana dirangkum dari Makeuseof, Sabtu (20/6/2020).

1. CameraBang Photo

CameraBang Photo menawarkan sejumlah besar opsi filter di bawah tab Preset. Filter dipisahkan oleh kategori seperti Architecture, Classic Photography, Color Correction, Film Grain, Landscape, Black and White Essentials, Vintage, dan banyak lagi. 

Dengan kata lain, pengguna dimanjakan oleh pilihan. Filter-filter tersebut hadir bersama berbagai penyesuaian yang lebih tepat. Di bawah tab Adjustment, Anda bisa memotong, mengubah suhu warna, mengubah pencahayaan, memindai kurva RGB, dan lainnya. 

2. Batch Photo

Batch Photo tidak dirancang untuk menambahkan filter secara khusus. Tapi, filter bagian signifikan dari serangkaian fitur. Sebagian besar fitur-fitur ini didedikasikan untuk memformat ulang dan processing batch. 

Usai memutuskan filter mana yang ingin digunakan, Anda bisa menerapkannya ke semua foto dalam satu batch sekaligus. BatchPhoto juga memungkinkan pengguna mengubah ukuran, memotong, dan menambahkan frame ke semua foto. Beruntung, fitur pengeditan Batch membantu memudahkan Anda membuat feed Instagram yang konsisten. 

3. PhotoScapeX

Jika Anda mencari editor foto seperti Instagram untuk PC dan Mac, PhotoScapeX bisa menjadi pilihan. Saat mengunggah foto Anda, coba pergi ke Film untuk menelusuri filter menarik ditambahkan ke gambar Anda. 

Filter seperti Instagram bukan satu-satunya yang ditawarkan PhotoScapeX. Di bawah tab Edit ada banyak alat yang dapat Anda gunakan untuk mengedit gambar. Dari mengubah ukuran, penyesuaian warna, dan transformasi, PhotoScapeX memiliki sejumlah fitur yang dapat digunakan secara gratis. 

4. Polarr

Polarr mempunyai banyak filter foto, yang semuanya termasuk dalam kategori tertentu seperti Modern, Art, Film, Classic, Vintage, Infrared, 90s Art Film, dan banyak lagi. Plus, Anda bahkan bisa menyesuaikan intensitas setiap filter dengan cara yang sama seperti di Instagram. 

Untuk lebih menyempurnakan foto, Polarr memberikan Anda opsi untuk menambahkan teks, overlay, dan bingkai. Selain itu, aplikasi hadir dengan fitur dasar dari sebagian besar alat pengeditan foto, yang mencakup kemampuan untuk menyesuaikan warna, pencahayaan, distorsi, kejelasan, dan banyak lagi.

5. Fotor

Pilihan lain yang solid untuk pengeditan adalah Fotor. Fotor, aplikasi serba guna untuk Windows dan macOS yang menawarkan pengeditan gambar bergaya Photoshop, selfie touch-up, pembuatan kolase, dan batch editing. 

Aplikasi juga memberikan pengguna pilihan untuk menambahkan berbagai filter Instagram serta efek lainnya seperti borders dan textures. Dalam segi fitur, ada berbagai pilihan di sini. Anda tidak hanya bisa menggunakan fitur pengeditan batch untuk mengubah ukuran foto, tapi juga mengedit nama foto secara batch.

Editor : Dini Listiyani