5 Aplikasi Tawarkan Keamanan Khusus, Ada Firefox Focus

Dini Listiyani ยท Selasa, 23 April 2019 - 11:59 WIB
5 Aplikasi Tawarkan Keamanan Khusus, Ada Firefox Focus

Aplikasi yang Tawarkan Keamanan Khusus (Foto: Androidauthority)

JAKARTA, iNews.id - Keamanan dalam ponsel perlu diperhatikan penggunanya. Jika tidak, bukan tak mungkin ponsel pintar akan menjadi target orang atau pengembang yang jahat.

Guna mengamankan ponsel pintar dari orang jahat, biasanya diperlukan aplikasi yang menawarkan peningkatan keamanan. Di Android Anda bisa menemukan banyak sekali aplikasi aman mulai dari yang berbayar hingga gratis.

Nah, penasaran dengan aplikasi keamanan terbaik di Android? Berikut daftarnya yang mayoritas bukan berasal dari aplikasi antivirus seperti dilaporkan Android Authority, Selasa (23/4/2019).

Bouncer

Terkadang Anda mungkin ingin memberikan akses sementara izin ke aplikasi, tapi tidak ingin aplikasi memiliki izin sepanjang waktu. Bouncer pada dasarnya melakukan itu untuk Anda. Anda bisa melakukan sesuatu seperti mengaktifkan lokasi di Facebook dan Bouncer bertanya apakah Anda hanya menginginkannya sementara.

Kemudian aplikasi akan secara otomatis menghapus izin untuk Anda. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan aplikasi sedikit lebih bebas tanpa khawatir.

Find My Device

Find My Device dulunya adalah Android Device Manager. Meski berubah nama, aplikasi sebenarnya masih melakukan fungsi yang sama. Aplikasi melacak lokasi ponsel Anda.

Aplikasi bisa menghapus perangkat, menampilkan pesan, dan mengunci ponsel Anda dari jarak jauh juga. Kemampuan untuk menemukan ponsel yang hilang sangat penting untuk melindungi privasi Anda.

ProtonVPN

Nah, aplikasi yang satu sepenuhnya gratis. Selain itu, aplikasi memiliki kebijakan larangan logging yang ketat, kebijakan larangan berbagi, dan enkripsi jaringan. Memang, aplikasi tidak akan menawarkan kinerja terbaik tapi mereka peduli dengan keamanan.

Resilio Syn

Aplikasi yang satu ini memungkinkan Anda membuat penyimpanan cloud sendiri. Resilio Syn versi komputer mampu mengubah PC menjadi server penyimpanan cloud. Aplikasi ini kemudian membantu Anda menyinkronkan file antara PC-smartphone-tablet.

Firefox Focus

Pada dasarnya, Firefox Focus adalah browser Android yang selalu dalam incognito mode. Mode tidak mencatat aktivitas Anda untuk jangka waktu yang lama.

Anda bisa menghapusnya setiap saat. Selain itu, aplikasi juga bisa menghapus pelacakan dan iklan. Dengan begitu, website tidak bisa melihat Anda di sana.


Editor : Vien Dimyati