5 Fakta Menjanjikan di Era Teknologi Digital

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 28 November 2018 - 10:23 WIB
5 Fakta Menjanjikan di Era Teknologi Digital

Kemudahan layanan dan cakupan tanpa batas, menjadikan usaha berbasis teknologi digital memiliki potensi menjanjikan di masa mendatang. (Foto: Inverse-Square)

JAKARTA, iNews.id – Teknologi digital memasuki sendi-sendi kehidupan masyarakat dunia. Kemudahan layanan dan cakupan tanpa batas, menjadikan usaha berbasis digital memiliki potensi menjanjikan di masa mendatang.

Salah satunya dengan berkembangnya e-commerce. Sebagai salah satu jenis toko online, platform ini memberikan pengaruh terhadap sektor ekonomi di Tanah Air. Apalagi Indonesia sedang bersiap menghadapi Era Industri 4.0 yang erat kaitannya dengan dunia digital.

Saat ini, perkembangan bisnis digital sendiri berjalan pesat. Bahkan, Indonesia termasuk negara yang memiliki jumlah pengguna e-commerce terbanyak di dunia. Hal ini menjadi bukti kalau bisnis digital bakal jadi salah satu potensi terkuat di kemudian hari.

Dirangkum dari berbagai sumber dan kesuksesan pelaku usaha berbasis internet, berikut lima fakta usaha menjanjikan di era teknologi digital:

1. Transaksi e-commerce tembus Rp300 triliun

Mungkin kalian sudah tahu kalau Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia. Setidaknya ada 132 juta orang yang aktif mengakses internet dan kurang lebih 25 persen rajin belanja di online shop.

Wajar bila jumlah fantastis tersebut ikut berkontribusi pada transaksi bernilai besar di e-commerce. Kalian mau tahu berapa totalnya? Data terakhir menyebutkan sekitar Rp300 triliun, itu juga belum ditambah pendapatan pada 2017. Soalnya, pengguna toko online terlengkap dan termurah dari e-commerce mengalami kenaikan sebesar 17 persen dari periode sebelumnya.

2. Ada 26 juta orang aktif menjalankan e-commerce

Menyambung dari poin sebelumnya, kurang lebih 26 juta penduduk Indonesia merupakan orang-orang yang aktif di dunia e-commerce. Angka tersebut adalah representasi dua hal, yakni peluang dan persaingan. Mengapa? Dikatakan peluang karena e-commerce sering direkomendasikan sebagai jenis usaha cepat nan praktis.

Kalian tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk memulainya. Lewat laptop atau ponsel dan koneksi internet cepat, e-commerce bisa langsung diurus. Sementara dikatakan persaingan karena jumlah pebisnis yang mengandalkan e-commerce sangat progresif.

3. Peningkatan jumlah pengguna sangat cepat

Kemajuan yang ditunjukkan e-commerce berkaitan dengan perilaku konsumen di Indonesia. Kemudahan akses internet dengan harga yang semakin terjangkau membuat siapa saja bisa membuka situs web toko online terbaik di Indonesia, seperti Blibli.

Harga yang lebih murah, kepraktisan dalam berbelanja, hingga promo-promo menarik adalah segelintir alasan orang-orang mulai beralih ke online shop. Jika potensi-potensi e-commerce diarahkan dengan baik, bukan tidak mungkin, lho, sektor ekonomi digital di Indonesia berkembang cepat.

4. Ruang menjanjikan calon pengusaha muda

Siapa bilang jadi pebisnis harus punya modal banyak dan baru bisa dilakukan saat umur kalian sudah masuk kepala tiga? Faktanya, pertumbuhan pengusaha muda yang masih sekolah dan kuliah semakin meroket berkat kemunculan e-commerce.

Sekilas, e-commerce punya konsep yang menyerupai mal atau ruko, yakni penyedia lapak virtual bagi kalian yang pengin jadi merchant atau penjual. Seperti yang sudah disebutkan, modal membuka bisnis di e-commerce tidak besar, bahkan dekat dengan kehidupan kalian. Namun, mereka biasanya melakukan penilaian dulu sebelum menyediakan ‘lahan’ buat kalian.

5. Lebih mudah mendapatkan para investor menjanjikan

Terakhir, toko online berbasis e-commerce dinilai sangat menjanjikan karena mampu mengundang para investor, baik dari dalam maupun luar negeri. Apalagi Indonesia sudah bermain di era pasar global buat meningkatkan sektor ekonomi.

Kalian yang ingin memulai usaha online dan mencari investor potensial pasti bakal terbantu banget dengan keberadaan e-commerce. Selain itu, bermitra bersama para investor dari berbagai negara memudahkan konsumen untuk membeli produk-produk yang mungkin tidak tersedia di toko konvensional. Belum lagi harganya lebih terjangkau dari tempat lain.

Dari sekian banyak e-commerce yang hadir di Indonesia, Blibli muncul dengan konsep berbeda. E-commerce besutan PT Global Digital Niaga ini mengklaim sebagai pionir online mall di Tanah Air. Platform online shop ini merupakan e-commerce yang berpotensi membawa dampak positif pada sektor ekonomi digital di Indonesia? Mudah-mudahan dari gambaran di atas kalian termotivasi untuk mengembangkan model toko online.


Editor : Dani Dahwilani