5 Fitur iOS 14 Mirip Android, Salah Satunya Widget Layar

Dini Listiyani ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 15:12 WIB
5 Fitur iOS 14 Mirip Android, Salah Satunya Widget Layar

Fitur iOS 14 yang mirip dengan Android (Foto: Apple)

CUPERTINO, iNews.id - Apple resmi merilis iOS 14. Sistem operasi iPhone terbaru ini membawa sejumlah fitur baru yang beberapa di antaranya familiar bagi pengguna Android.

Perputaran fitur di platform mobile kerap terjadi. Ide bagus Google hampir semuanya berakhir di iOS. Begitu sebaliknya. Sejumlah fitur yang ada di Android mendatang terkadang terinspirasi dari Apple, sebagaimana dikutip dari The Verge, Rabu (24/6/2020).

Di iOS 14 terlihat ada sejumlah fitur baru yang terlihat mirip seperti Android. Yuk, intip fitur-fitur iOS 14 yang menyerupai ponsel Android yang dirangkum dari The Verge.

Home Screen Widgets
Setelah bertahun-tahun menjaga home screen iOS tetap statis, Apple akhirnya memungkinkan pengguna menambahkan widget ke home screens mereka. Widget telah menjadi salah satu fitur pembeda inti antara Android dan iOS.

Picture in Picture
Fitur baru untuk iPhone tahun ini adalah pictur in picture. Fitur ini serupa dengan Android. Picture in picture bisa berfungsi untuk memutar video di atas aplikasi apa pun yang Anda gunakan. Picture in picture ini mendukung panggilan FaceTime, sehingga dapat terus mengobrol tanpa membuka aplikasi FaceTime.

Password Monitoring
Diperkenalkan oleh Google pada akhir tahun lalu, Safari juga mendapatkan fitur peringatan password versi Chrome. Fitur akan memberitahu pengguna saat passoword yang mereka gunakan telah dikompromikan dalam pelanggaran data.

Bantuan dan Panggilan Suara
Apple memulai tampilan baru diam-diam untuk Siri di iOS 14 di mana asisten suara akan muncul dengan ikon kecil di bagian bawah layar alih-alih mengambil seluruh tampilan. Hasil kueri juga akan muncul di jendela yang lebih kecil di atas layar tanpa memblokir tampilan lainnya. Cara kerja Siri yang baru mirip dengan Google Assistant di Android. Desain compact calls Apple yang baru, yang juga mencegah panggilan masuk dari menghapus seluruh layar. Mirip dengan opsi di Android.

Translate
Layaknya Google Translate, versi Apple memungkinkan pengguna menerjemahkan fase phases yang diketik dan diucapkan dalam aplikasi Translate serta menawarkan dukungan terintegrasik dengan Safari untuk menerjemahkan seluruh halaman web.

Editor : Dini Listiyani