5 Perempuan Sukses Berkarier di Perusahaan Teknologi Besar

Dini Listiyani ยท Minggu, 21 April 2019 - 09:01 WIB
5 Perempuan Sukses Berkarier di Perusahaan Teknologi Besar

4 perempuan sukses berkarier di perusahaan teknologi besar (Foto: Free-photo)s/Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - Dunia Teknologi selalu identik dengan pria. Stigma tersebut perlahan-lahan mulai memudar seiring dengan banyaknya kaum hawa yang bekerja di bidang teknologi.

Tak hanya sekadar bekerja, sekarang banyak ditemukan perempuan menempati posisi strategis dalam sebuah perusahaan teknologi. Misalnya, Facebook yang memiliki Chief Operating Officer (COO) seorang perempuan.

Selain Facebook, sebenarnya masih banyak perusahaan teknologi lain yang mempercayakan posisi strategisnya kepada kaum hawa. Yuk, simak ulasannya yang dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, Minggu (21/4/2019).

Susan Wojcicki
Sheryl Sandberg hanya segelintir contoh perempuan yang memiliki posisi tinggi di perusahaan teknologi. Selain dirinya, ada Susan Wojcicki yang juga memiliki peran penting dalam perusahaan teknologi.

Susan Wojcicki telah memegang posisi CEO of YouTube sejak Februari 2014. Wojcicki terlibat dalam pendirian Google dan menjadi manajer pemasaran pertama di Google pada 1999.

Nama Wojcicki muncul di banyak daftar termasuk 50 Perempuan Paling Kuat dalam Bisnis versi Fortune pada 2014 dan 20 Orang Paling Penting di Dunia Teknologi pada 2017, serta 201 Perempuan Paling Kuat di Dunia versi Forbes 2018.

Gwynne Shotwell
Selanjutnya ada Gwynne Shotwell yang merupakan President and Chief Operating Officer di SpaceX. Shotwell bergabung dengan SpaceX sebagai karyawan kesebelas dan telah menyaksikan perusahaan tumbuh dengan ribuan karyawan saat ini. Dia masuk dalam daftar Top 50 Women in Tech 2018 versi Forbes Amerika dan 100 Most Powerfull Women in the World.

Safra Catz
Dia memegang posisi sebagai Co-CEO Oracle sejak 2014, berbagi posisi dengan Mark Hud setelah Larry Ellison mengundurkan diri. Dia masuk ke Oracle sebagai eksekutif pada 1999. Pada April 2011, dia diangkat sebagai co-president dan chief financial officer, melapor kepada pendiri / CTO Larry Ellison. Dia termasuk dalam daftar The World's 100 Most Powerful Women versi Forbes 2018.

Meg Whitman
Margaret Cushing Whitman adalah seorang eksekutif bisnis Amerika. Sebelum ke Quibi pada April 2018, Whitman pernah menjaba sebagai President and Chief Executive Officer (CEO) Hewlett Packard (HP) dari 2011 hingga 2015. Kemudian, dia pernah menjabat sebagai CEO Hewlett Packard Enterprise saat perusahaan berpisah.

Sheryl Sandberg
Ya, Sheryl Sandberg adalah perempuan yang memiliki karier bagus di bidang teknologi. Sandberg menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) di Facebook dan pendiri Leanin.org. Pada Juni 2012, dia terpilih sebagai anggota dewan direksi Facebook.

 

 


Editor : Dini Listiyani