Android 11 Versi Stabil Hadir 8 September 2020

Dini Listiyani ยท Kamis, 09 Juli 2020 - 14:05 WIB
Android 11 Versi Stabil Hadir 8 September 2020

Android 11 akan digulirkan 8 September (Foto: Google)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Google memang sudah menggulirkan update Android 11 ke sejumlah pengguna, tapi masih dalam versi beta. Dalam beberapa bulan ke depan, raksasa mesin pencari ini akan menggulirkan Android 11 versi stabil atau final.

Bocoran kehadiran update Android 11 versi stabil muncul belum lama ini. Pada 'Hey Google' Smart Home Summit, video muncul berisi slide yang dianggap merujuk pada tanggal peluncuran Android 11 versi stabil.

Slide memiliki judul 'Checklist for September 8th Android 11 launch.' Artinya, Android yang baru dapat diumumkan pada hari itu, 8 September 2020, sebagaimana dikutip dari Gizmo China, Kamis (9/7/2020).

Android 10 diluncurkan pada Selasa, 3 September tahun lalu. Tahun ini, tanggal yang ditentukan juga jatuh pada Selasa. Untuk saat ini belum diketahui ponsel mana yang akan mendapatkan update versi stabil pada hari pertama selain jajaran Google Pixel.

Essential tidak lagi membuat ponsel dan PH-1 menerima update terakhir pada Februari. Namun, Xiaomi atau Redmi bisa membuat gebrakan seperti yang terjadi tahun lalu dan membuat pembaruan tersedia untuk salah satu ponselnya.

Untuk diketahui, Google telah meluncurkan Android 11 beta. Melalui program beta tersebut dapat terlihat sejumlah fitur-fitur yang dibawa oleh sistem operasi baru Google tersebut.

Setelah rilis Android 11 beta versi pertama, program resmi Google di Reddit u/androidbetaprogram mengunggah Android Messages akan bekerja pada API Bubbles Android 11, sebagaimana dikutip dari GSM Arena.

Bagi yang terdaftar di aplikasi Android Messages Beta melalui Play Store, Anda dapat mengharapkan Bubbles dalam satu atau dua minggu ke depan. Tentu saja, para pengguna tersebut harus menjalankan Android 11 beta.

Android 11 akan memungkinkan aplikasi pihak ketiga untuk menggunakan Bubbles. API baru memungkinkan aplikasi meminimalkan instansnya menjadi lingkaran mengambang yang digambarkan di atas UI.

Editor : Dini Listiyani