Aplikasi Facebook Tak Bisa Dihapus dari Ponsel Samsung Tertentu

Dini Listiyani ยท Kamis, 10 Januari 2019 - 23:23 WIB
Aplikasi Facebook Tak Bisa Dihapus dari Ponsel Samsung Tertentu

Facebook. (Foto: Ubergizmo)

MENLO PARK, iNews.id - Aplikasi Facebook ternyata tidak bisa dihapus dari sejumlah ponsel Samsung. Masalah tersebut diduga bukan karena bug.

Menurut laporan Bloomberg, sejumlah pemilik Samsung menemukan dirinya tidak bisa menghapus Facebook dari ponsel mereka. Masalah bukan diakibatkan bug karena pengguna bisa menonaktifkan aplikasi.

Salah satu pengguna bernama Nick Winke menyatakan kejadian ini sangat membingungkan. Padahal, dirinya ingin menghilangkan Facebook dari ponselnya.

"Ini benar-benar membingungkan jika saya ingin sepenuhnya menghilangkan Facebook. Ini pada dasarnya ponsel saya. Muncul banyak pertanyaan, bisakan aplikasi melacak informasi, lokasi, atau apa pun yang mereka lakukan? Kami konsumen, seharusnya mengatakan apa yang ingin dan tidak inginkan di produk kita," katanya, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Kamis (10/1/2019).

Sejak saat itu, Facebook mengonfirmasi ini sebagai masalah, tapi pihaknya berpendapat dengan menonaktifkan aplikasi sama seperti menghapusnya. Sebab, aplikasi tidak bisa lagi mengumpulkan informasi tentang pengguna selama dinonaktifkan.

Peneliti Jane Manchun Wong berbagi beberapa informasi tambahan tentang masalah tersebut. Dia mencatat, aplikasi ada sebagai 'stub' (pada dasarnya tempat penampung kosong untuk aplikasi yang sebenarnya) saat dikirim ke ponsel Samsung.

Artinya, Facebook benar karena aplikasi telah dinonaktifkan, lalu kembali ke sebuah stub, maka tidak bisa lagi melacak informasi tambahan.


Editor : Tuty Ocktaviany