Apple Mempertimbangkan Boyong RCS ke Perangkat iOS

Dini Listiyani ยท Senin, 07 Januari 2019 - 15:45 WIB
Apple Mempertimbangkan Boyong RCS ke Perangkat iOS

iPhone (Foto: Ubergizmo)

CUPERTINO, iNews.id - Pesan teks telah berkembang selama bertahun-tahun. Mulai dari SMS, MMS, dan kini muncul sejumlah layanan pesan yang berkaitan dengan internet.

Sejumlah layanan perpesanan yang mengandalkan internet telah muncul. Namun, SMS dan MMS terus bertahan di tengah-tengah ramainya layanan tersebut.

Pada akhirnya, layanan seperti SMS diharapkan akan digantikan oleh Rich Communication Services (RCS). Bahkan, beberapa perusahaan teknologi telah mencoba untuk mendukung platform RCS, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Senin (7/1/2019).

Salah satu perusahaan yang tertarik untuk mendukung platform RCS ini ialah Apple. Menurut postingan di Reddit yang diduga menunjukkan gambar slide selama acara GSMA RCS pada Oktober lalu, Apple dikatakan sedang mempertimbangkan membawa RCS ke perangkat iOS.

Langkah Apple ingin membawa RCS ke perangkat iOS ini sebenarnya sedikit mengejutkan. Sebab, raksasa asal Cupertino ini dikenal sangat mencintai platform kembangannya, dalam hal ini iMessages.

Kendati demikian, dengan dukungan RCS artinya pengguna bisa lebih mudah berkomunikasi dengan pengguna non-Apple di masa depan di mana 2G dan SMS pada akhirnya akan mati. Diskusi ini tidak menjamin, perangkat iOS akan mendukung RCS, tapi paling tidak Apple terbukan untuk ide tersebut.


Editor : Dini Listiyani