Bikin Tim Baru, Apple Ingin Garap Desain Chip Modem Sendiri

Dini Listiyani ยท Sabtu, 09 Februari 2019 - 08:43 WIB
Bikin Tim Baru, Apple Ingin Garap Desain Chip Modem Sendiri

Logo Apple (Foto: Ubergizmo)

CUPERTINO, iNews.id- Apple telah mengandalkan pemasok eksternal seperti Qualcomm dan Intel untuk modem iPhone. Tapi, belakangan ini raksasa asal Cupertino ini dikabarkan tertarik untuk menggarap modem sendiri.

Apple baru saja membuat perubahan internal kecil di perusahaannya. Reuters melaporkan, Apple telah memindahkan grup chip modemnya ke teknologi hardware in-house dari divisi supply chain.

Langkah baru yang diambil Apple ini mengisyaratkan Apple serius untuk mengembangkan modem sendiri. Senior Vice President of hardware technologies Apple Johny Srouji telah ditugaskan untuk proyek desain modem sejak Januari 2019.

Dia bergabung dengan tim Apple pada 2008 untuk memimpin desain chip dan mengerjakan prosesor custom seri A yang ditemukan di banyak perangkat iOS. Jadi, iPhone 5G diprediksi akan menggunakan modem internal, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Sabtu (9/2/2019).

Sebelumnya, Apple dikabarkan akan memilih modem Samsung atau MediaTek untuk iPhone 5G pertama mereka. Namun, belum ada informasi lebih lanjut soal kabar tersebut.

Apple sendiri kabarnya tidak akan mengeluarkan smartphone 5G di tahun ini. Raksasa Cupertino ini dikabarkan baru akan mengeluarkan iPhone 5G pada 2020 saat teknologi jaringan generasi terbaru tersebut sudah siap.


Editor : Dini Listiyani