Cara Instagram Batasi Perundungan di Platform-nya

Dini Listiyani ยท Sabtu, 20 Oktober 2018 - 13:01:00 WIB
Cara Instagram Batasi Perundungan di Platform-nya
3 Cara Instagram Batasi Perundungan di Platform-nya (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - Perundungan atau bullying tidak hanya terjadi di dunia nyata, tapi juga online. Oleh karena itu, Instagram bertindak tegas atas perilaku semacam ini.

Perundungan di dunia maya menjadi sesuatu yang komplek dan Instagram, sebagai salah satu media sosial (medsos) terkemuka, memiliki tanggung jawab untuk membatasi perilaku tersebut. Untuk membatasi perilaku itu, Instagram mengeluarkan fitur baru.

Fitur baru yang dikenalkan Instagram itu termasuk mengindentifikasi dan melaporkan foto-foto yang bersifat menghina. Selain itu, layanan berbagi foto milik Facebook ini juga membuat efek kamera baru untuk membatu menyebarkan lebih banyak kebaikan di Stories.

"Sebagai pemimpin Instagram yang baru, saya bangga bisa mengambil bagian dalam usaha kami membuat Instagram menjadi komunitas yang posifit dan aman untuk Anda," kata Head of Instagram Adam Mosseri dalam keterangan yang diterima iNews.id, Sabtu (20/10/2018).

Berikut ini detail fitur baru Instagram dalam membatasi tindakan perundungan di platform-nya:

1. Mendeteksi Perundungan di Foto
Meski sebagian besar foto yang dibagikan di Instagram bersifat positif, terkadang ada pengguna yang menyebar gambar meresahkan. Kini, Instagram menggunakan teknologi mesin pembelajaran untuk secara proaktif mendeteksi perundungan di dalam foto maupun keterangannya serta mengirimkannya ke tim operasional komunitas kami untuk ditinjau.

2. Fitur Penyaringan Komentar Perundungan pada Live Video
Beberapa bulan lalu, Instagram memperkenalkan fitur penyaringan di kolom comment perundungan untuk mendeteksi dan menyembunyikan komentar perundungan dari Feed, Explore, dan Profile. Kini, kami menambahkan fitur penyaringan komentar yang sama untuk Instagram Live supaya pengalaman Anda saat melakukan siara langsung tetap aman. Fitur ini telah tersedia secara global.

3. Efek Kamera Kabaikan
Menghentikan perundungan sudah menjadi bagian penting bagi Instagram. Selain itu, kami juga harus melakukan lebih banyak hal untuk merayakan dan menginspirasi kebaikan di Instagram. Bersama dengan penulis buku, penari, dan aktor muda, Maddie Ziegler, kami meluncurkan efek kamera kebaikan untuk terus menyebarkan hal positif di Instagram.

Editor : Dini Listiyani