Cara Install iOS 14 Beta di iPhone Anda, Berani Coba?

Siska Permata Sari ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 14:09 WIB
Cara Install iOS 14 Beta di iPhone Anda, Berani Coba?

iOS 14 di WWDC (Foto: Apple)

JAKARTA, iNews.id - Setelah ditunggu-tunggu sekian lama, Apple akhirnya mengumumkan kehadiran iOS 14 untuk pengguna iPhone di Worldwide Developers Conference (WWDC) 2020. iOS 14 hadir dengan beragam fitur baru yang menarik, mulai dari App Library, Widgets, hingga Picture in Picture (PiP).

Sayangnya, iOS 14 masih akan rilis pada akhir tahun mendatang, sehingga belum dapat dicoba oleh semua pengguna iPhone. Namun, Anda bisa mencoba fitur-fitur baru itu dengan menginstal iOS 14 versi Beta.

Sebelum menginstalnya, Anda perlu tahu iOS versi beta baik untuk pengembang atau publik cenderung mengandung bug. Risikonya, Anda bisa kehilangan data-data penting yang berharga. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan perangkat cadangan atau mencadangkan data iPhone Anda sebelum menginstalnya.

Namun, bila Anda tertarik mencobanya, berikut cara menginstal iOS 14 versi Beta seperti dilansir dari Digital Trends, Jumat (26/6/2020).

Akun pengembang
Akses untuk mencoba iOS 14 ini sebenarnya terbatas hanya untuk pengembang. Artinya, Anda memerlukan akun Pengembang Apple untuk mengaksesnya, dan itu akan dikenakan biaya 99 dolar AS per tahun. Tapi kabar baiknya, iOS Beta versi publik akan hadir bulan depan.

Gunakan perangkat yang kompatibel
Pastikan perangkat Anda kompatibel untuk diinstal iOS 14. Beberapa iPhone yang mendapatkan update adalah iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE (generasi pertama), iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XR , iPhone XS , dan iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pr , dan iPhone 11 Pro Max, serta terakhir, iPhone SE (2020)

Cadangkan data iPhone
Jika Anda memiliki iPhone yang tepat dan berlangganan 99 dolar AS, maka Anda bisa memulai mengunduh iOS 14 beta. Namun, pertama-tama, pastikan Anda telah mencadangkan data Anda, untuk berjaga-jaga jika hal buruk terjadi.

Unduh dan instal iOS 14
Anda dapat menginstal iOS 14 beta untuk pengembang dengan mengunjungi link yang tersedia di Apple dan mengunduh profil beta. Setelah diunduh, buka Pengaturan > Umum > Profil , dan aktifkan beta.

1. Buka aplikasi Pengaturan, buka menu Umum, Profil, pilih Profil Perangkat Lunak Beta iOS 14 & iPadOS 14 yang diunduh, dan klik tombol Instal di sudut kanan atas.

Tindakan ini memungkinkan Anda untuk menginstal profil beta iOS 14 untuk pengembang, yang pada gilirannya akan memungkinkan Anda untuk meningkatkan iPhone atau iPad Anda ke iOS 14 beta.

2. Masukkan kode kata sandi dan konfirmasikan pengaturan profil beta dua kali lagi. Kemudian restart perangkat Anda.

3. Setelah reboot, buka aplikasi Pengaturan lagi, pergi ke "Umum" - "Pembaruan Perangkat Lunak" dan klik tombol Unduh dan Instal iOS 14. Menginstal iOS 14 beta akan mulai secara otomatis segera setelah mengunduh ke perangkat.

Editor : Dini Listiyani